Sukses

Awas, Jangan Asal Berbagi Obat Meski Penyakit Sama

Punya kerabat dengan penyakit yang sama dengan Anda? Awas, jangan saling berbagi obat bila tak ingin mengalami hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Flu, demam, dan panas dalam adalah beberapa penyakit yang sering terjadi belakangan ini. Mungkin sekarang, Anda dan keluarga tengah mengalami keluhan penyakit yang serupa. Namun, jangan pernah berpikir untuk berbagi obat yang sama dengan anggota keluarga lainnya!

Meski keluhan dan kondisi kesehatan Anda sama dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya, bukan berarti obat yang dibutuhkan untuk meredakan keluhan akan sama. Bukannya menjadi lebih sehat, berbagi obat – apalagi yang telah diresepkan – bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Itu karena ada banyak faktor yang menjadi landasan seorang dokter saat menuliskan resep untuk pasien, misalnya usia, berat badan, jenis kelamin dan riwayat penyakit tertentu. Hal ini tentu berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Perbedaan faktor tersebut juga akan berpengaruh dalam penentuan dosis, bahan dasar obat, dan frekuensi minum obat. Dengan demikian, Anda tidak bisa semena-mena mengonsumsi obat batuk anak hanya karena tenggorokan terasa gatal tak tertahankan. Apalagi sampai menentukan dosis Anda sendiri. Itu sangat berbahaya dan tidak direkomendasikan.

Meski Anda dan pasangan memiliki keluhan yang sama di sekitar perut, dan tak jarang mengalami gejala serupa, bukan berarti Anda berdua memiliki mag dan bisa mengonsumsi obat yang sama. Bisa saja salah satu dari Anda, selain mag, juga mengalami tukak lambung atau jenis penyakit lain. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat Anda lebih sensitif terhadap beberapa jenis obat, dan membutuhkan penanganan yang berbeda dengan pasangan Anda.

Selain itu, memaksakan untuk mengonsumsi obat yang seharusnya tak Anda konsumsi pun dapat menimbulkan efek samping. Jika sudah demikian, Anda mungkin harus mengucapkan selamat datang pada keluhan-keluhan baru yang mengganggu kesehatan.

Mengutip Women’s Health, seorang ahli dari National Institute on Drug Abuse, Wilson Compton, MD., mengatakan, ada banyak dampak yang mungkin terjadi saat Anda mengonsumsi obat yang tak sesuai.

Bahkan, Compton menambahkan, mungkin Anda akan mengalami komplikasi yang tak terduga akibat interaksi obat dengan kondisi tubuh dan makanan yang sebelumnya Anda konsumsi. Hal itu tentu tak akan terjadi jika sebelumnya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

“Terkadang, menanyakan resep pada teman yang memiliki keluhan penyakit sama dianggap dapat menghemat waktu dan biaya, daripada harus bertemu dokter. Padahal itu sangat berbahaya,” katanya.

Kesimpulannya, tidak semua hal yang aman dikonsumsi oleh orang lain, juga aman untuk Anda konsumsi. Jika saat musim hujan Anda memiliki keluhan penyakit yang tak kunjung sembuh, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter dan mintalah resep obat yang sesuai. Jangan lagi berbagi obat, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar