Sukses

7 Alasan Mengapa Senyum Itu Sehat

Meskipun terkesan sederhana, senyum ternyata bisa menyehatkan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Jika ada yang bilang sehat itu mahal, sepertinya ucapan tersebut harus diralat. Nyatanya, sehat itu bisa didapatkan dengan mudah hanya lewat senyuman.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila sering tersenyum:

1. Melanggengkan hubungan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dacher Keltner, PhD, and Lee Anne Harker, PhD selama 30 tahun di  University of California, Berkeley, membuktikan hal itu. Seperti dikutip dari Reader’s Digest, keduanya membandingkan foto-foto para siswa dari buku tahunan yang telah lulus dua dekade sebelumnya. Hasilnya, mereka yang tersenyum tulus dengan emosi positif, memiliki hubungan pernikahan yang lebih sehat di usia mereka saat ini.

2. Meredakan stres

Senyum membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Selain itu, mereka yang secara alami sering tersenyum lebih cepat pulih dari depresi.

Senyum juga memiliki tindakan seperti layaknya morfin yang membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

3. Meningkatkan rasa percaya

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa seseorang bisa terlihat lebih dipercaya apabila ia murah senyum. Kepercayaan merupakan faktor penting dalam membangun hubungan yang sehat dengan sesama.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat tersenyum, tubuh akan merasa lebih rileks sehingga daya tahan tubuh akan meningkat seiring aktivitas tersenyum yang Anda lakukan. Bahkan, tersenyum juga dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Meredakan rasa sakit

Banyak kalangan yakin dengan tersenyum Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit yang dialami tubuh.  Ternyata hal tersebut terbukti kebenarannya, sebab hormon endorfin yang dilepaskan saat tersenyum dapat membuat rasa sakit berkurang.

  1. Terlihat awet muda

Senyum secara alami mengangkat otot-otot wajah. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang tersenyum tampak lebih muda dari usia aslinya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Stres membatasi cara pandang dan mengurangi fokus Anda. Sebuah senyuman bisa memulihkan kemampuan berkonsentrasi dan mempermudah untuk menyelesaikan berbagai tugas sekaligus di waktu bersamaan.

Demikian manfaat yang bisa Anda peroleh dari tersenyum. Menilik sejumlah manfaat senyum di atas baik bagi diri Anda sendiri maupun orang lain, maka jangan lupa untuk selalu terbarkan senyum, ya.  

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar