Sukses

6 Kiat Tetap Nyaman Olahraga saat Haid

Haid bukanlah halangan bagi Anda untuk tidak olahraga. Lalu, bagaimana kiatnya agar tetap nyaman berolahraga saat haid?

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki hari pertama haid memang penuh tantangan. Pasalnya, mood untuk beraktivitas apalagi olahraga biasanya akan menurun. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa berolahraga dapat membantu mengurangi gejala kram perut, sakit kepala, atau rasa lelah yang berlebihan saat haid.

Hal tersebut berkaitan erat dengan pengeluaran hormon endorfin saat Anda berolahraga. Hormon ini dapat mengurangi kadar prostaglandin yang menjadi penyebab kontraksi otot yang menimbulkan kram perut.

Selain itu, hormon endorfin juga dapat membantu memunculkan perasaan positif dan nyaman pada tubuh. Sehingga rutin berolahraga saat haid justru dapat memberikan keuntungan lebih bagi kesehatan. 

Jika Anda ingin berolahraga saat haid, berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan agar tetap nyaman:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dengan ukuran yang tidak terlalu ketat sehingga Anda dapat mudah bergerak.
  1. Pastikan Anda memakai pembalut yang terasa nyaman. Pilihlah pembalut dengan ukuran panjang untuk menghindari kebocoran saat bergerak.
  1. Sebelum berolahraga, jangan lupa lakukan peregangan untuk mengurangi gejala kram perut yang sering terjadi saat haid.
  1. Jika Anda merasa sangat berat untuk berolahraga, Anda bisa memulai olahraga dengan intensitas ringan. Misalnya, yoga, renang, atau pilates.
  2. Anda diperbolehkan melakukan olahraga interval intensitas tinggi saat haid. Justru saat haid, olahraga intensitas tinggi lebih efisien karena tubuh lebih mudah menggunakan karbohidrat dan menyimpan lemak sehingga membakar lemak lebih cepat (tapi ini tetap tergantung kondisi tubuh masing-masing wanita). Contoh olahraga interval intensitas tinggi adalah gerakan jumping jack, plank, squat, ataupun sit-up yang dilakukan berulang-ulang.
  3. Cukupi asupan air putih saat berolahraga. Asupan air putih yang baik saat olahraga dapat mencegah gangguan dehidrasi yang akan memperparah gejala haid Anda.

Jika Anda sering mengalami kram perut atau sakit kepala saat haid, olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak hanya olahraga saat haid, namun melakukannya secara rutin, setiap hari minimal 30 menit.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar