Sukses

4 Terapi Alami untuk Atasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung tak selalu harus diatasi dengan obat-obatan.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri punggung merupakan keluhan yang banyak dialami oleh berbagai kalangan masyarakat. Baik pekerja kasar, ataupun karyawan kantoran, semua tidak lepas dari risiko terserang keluhan ini.

Nyeri punggung dapat disebabkan oleh berbagai sumber –mulai dari otot, saraf, maupun tulang. Rasa nyeri akibat keluhan ini dapat dikurangi dengan obat-obatan pereda nyeri, baik obat oles maupun obat minum.

Selain itu, adapun cara alami yang dapat Anda lakukan untuk redakan nyeri punggung. Berikut empat di antaranya:

  1. Yoga

Studi yang dimuat dalam jurnal The Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa penderita nyeri punggung yang mengikuti kelas yoga seminggu sekali selama tiga bulan, mengalami perbaikan fungsi tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan penderita yang hanya menerima perawatan konvensional.

Hal itu karena yoga adalah olahraga yang mengombinasikan teknik pengaturan pernapasan dan peregangan tubuh. Bahkan beberapa gerakan yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang keliru akibat kebiasaan sehari-hari.

  1. Olahraga

Berbeda dengan yoga, olahraga di sini adalah latihan fisik ringan yang lebih aktif seperti pilates. Terkait hal ini, penelitian yang dimuat di European Journal of Physical Rehabilitation Medicine tahun 2014 mengatakan bahwa terjadi perbaikan kondisi pada pasien nyeri punggung kronis setelah mengikuti kelas pilates secara teratur selama enam bulan.

Mengalami nyeri punggung bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Karena kegiatan sehat ini sangat penting untuk melatih dan meregangkan otot, memperbaiki metabolisme tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Untuk pilihan olahraga yang lebih mudah, Anda bisa mengganti pilates dengan berenang.

  1. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu alasan yang memperberat kondisi nyeri punggung.

Maka dari itu, jagalah berat proporsional tubuh Anda dengan berolahraga secara rutin dan teratur, serta menerapkan pola makan sehat. Dengan demikian, beban tulang punggung menjadi lebih ringan, dan postur tubuh menjadi lebih baik.

  1. Pijat dan akupuntur

Pijat dan akupunktur bisa menjadi solusi untuk meredakan nyeri punggung akibat kelelahan otot. Namun, jika nyeri punggung disebabkan oleh kelainan pada tulang, pijat dan akupunktur adalah pilihan terapi yang berbahaya.

Oleh karena itu, untuk pilihan metode ini sebaiknya dapat Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter.

Ingatlah bahwa terapi di atas tidak selalu bisa berdiri sendiri, tanpa bantuan obat-obatan. Maka dari itu, jika dirasa keluhan nyeri punggung tidak membaik setelah mencoba terapi alami yang sudah disebutkan, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar