Sukses

Mengapa Orang Suka Pakai Minyak Kayu Putih saat Kedinginan?

Saat kedinginan minyak kayu putih kerap menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh. Mengapa demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang mengoleskan minyak kayu putih ke permukaan kulit disebut dapat menimbulkan sensasi hangat yang menyenangkan. Rasa hangat minyak kayu putih sendiri berasal dari kandungan 1,8-Cineole sebanyak 44.8%– 60.2%.

Minyak kayu putih merupakan jenis obat luar dari tumbuhan kayu putih yang berasal dari Australia. Sejak dulu masyarakat asli Australia sering memanfaatkan tumbuhan ini sebagai obat. Selain banyak manfaat kesehatan, aroma yang khas membuat minyak kayu putih semakin digemari.

Selain itu, mengutip laman Hindawi.com, zat kimia ini juga berguna untuk memberi rasa lega pada saluran pernapasan. Saat udara terlalu dingin, terkadang saluran pernapasan akan mengalami sejumlah gangguan termasuk kesulitan bernapas.

Minyak kayu putih juga dikenal ampuh untuk meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, dan sinusitis. Minyak kayu putih merupakan antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan sehingga menjadikannya bahan yang baik dan mumpuni untuk menjauhkan Anda dari masalah pernapasan tersebut.

Bahkan minyak kayu putih juga disebut dapat mengobati sinusitis. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Laryngoscope tahun 2004 menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat mengobati sinusitis non-bakteri.

Kandungan antibakteri dalam minyak kayu putih juga berguna untuk meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Minyak kayu putih bekerja dengan cara menghilangkan bakteri pada saluran pernapasan Anda.

Uap minyak kayu putih juga sebagai dekongestan yang jika dihirup dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan gejala bronkitis.

Selain menghirup, seseorang akan menggunakan minyak kayu putih dengan cara dioleskan. Namun perlu diperhatikan, minyak kayu putih sebaiknya tidak dioleskan pada permukaan kulit yang tengah terluka. Bagian kulit sensitif, seperti kulit wajah, juga sebaiknya tidak diolesi dengan minyak kayu putih.

Mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dapat memberi efek menenangkan pada tenggorokan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke paru-paru sehingga pernapasan dapat berjalan normal.

Nah, itulah yang menyebabkan minyak kayu putih menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh dan meredakan segala penyakit. Selalu sedia minyak kayu di kotak P3K ya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar