Sukses

4 Makanan Sehat Wajib Konsumsi Setelah Seharian Makan Sembarangan

Makanan sehat di bawah ini dapat menghindarkan tubuh Anda dari ancaman penyakit setelah makan sembarangan.

Klikdokter.com, Jakarta Ada masanya seseorang merasa jenuh dalam melakukan suatu kegiatan dan kebiasaan, termasuk jenuh dengan pola makan dan menu makanan sehat yang dikonsumsi. Akhirnya, ‘curang’ dan makan sembarangan sering dijadikan pelarian.

Namun tak perlu khawatir, ternyata Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh, meski seharian mengonsumsi makanan sembarangan yang kurang sehat, terutama makanan yang banyak mengandung pemanis buatan. Bagaimana caranya?

Penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh peneliti dari UCLA menemukan bahwa makanan yang mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dapat memerangi sejumlah efek negatif dari makanan yang tidak sehat. DHA merupakan asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3.

Berikut ini adalah daftar makanan sehat yang banyak mengandung DHA dan bisa Anda konsumsi setelah makan sembarangan:

1. Ikan salmon

Beberapa jenis ikan, termasuk salmon, sarden dan makarel dikenal banyak mengandung DHA. Jika dikonsumsi dengan cara yang benar, masing-masing ikan tersebut menjanjikan 10 sampai 100 kali DHA lebih tinggi dibanding yang berasal dari kacang dan tumbuh-tumbuhan. Salmon juga merupakan sumber selenium dan vitamin D.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat dari ikan salmon, maka Anda harus mengolahnya dengan cara yang sehat. Cobalah mengolah ikan salmon dengan mentega dan lemon.

2. Kacang kenari

Dampak lain dari makan sembarangan adalah perut kembung dan timbulnya beberapa masalah pencernaan. Untuk meredakannya, cobalah untuk mengonsumsi kacang kenari. Sebab setiap ¼ cangkir kacang kenari menawarkan hingga 133% kandungan omega-3 yang dibutuhkan tubuh.

Dan sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan di Yale menemukan bahwa menambahkan 2 ons kenari ke makanan sehari-hari selama 6 bulan, dapat menjadi pengganti cemilan tidak sehat yang biasa Anda konsumsi. 

3. Jus lidah buaya

Ternyata jus lidah buaya dapat menurunkan risiko tubuh terserang penyakit. Segelas jus lidah buaya dapat membersihkan sisa makanan dan direkomendasikan untuk dikonsumsi di malam hari.

Nikki Ostrower, pendiri NAO Nutrition di New York City, mengaku lebih merekomendasikan jus lidah buaya adalah untuk kliennya agar mereka kembali ke ‘jalur yang benar’ setelah pesta mabuk-mabukan. Menurutnya, lidah buaya yang mengandung banyak vitamin, mineral dan asam amino dapat menjadi pembangkit tenaga gizi.

Sebuah tinjauan di  British Journal of General Practice mencatat bahwa lidah buaya dapat mengurangi radang usus dan membantu memperbaiki kerusakan pada usus. Ini juga dapat meningkatkan bakteri sehat di usus yang membantu pencernaan.

"Jus lidah buaya berfungsi merangsang perut, sehingga memiliki efek luar biasa untuk mengosongkan perut Anda sekaligus menambahkan nutrisi," kata Ostrower seperti dikutip dari Prevention.

4. Rumput Laut

Rumput laut adalah jenis sayuran yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk ‘membersihkan’ tubuh dari sisa makanan yang tak sehat.

Rumput laut memiliki beberapa vitamin B, dan rumput laut adalah sumber vitamin B12 non-daging. Tumbuhan ini penuh dengan zat besi, kalsium, potasium, niasin, fosfor, dan magnesium, yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, rumput laut juga mengandung masing-masing dari 56 mineral yang dibutuhkan tubuh manusia bersama dengan vitamin A, K, C, dan E. Ostrower menyebut, rumput laut yang terbaik adalah yang memiliki warna gelap.

Setelah menyimak pemaparan makanan sehat di atas, harapannya Anda dapat lebih mengatur asupan makanan yang dikonsumsi bagi tubuh. Jadi, jika Anda makan sembarangan, setidaknya Anda bisa menetralisir tubuh dengan berbagai pilihan makanan sehat di atas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar