Sukses

7 Makanan Ini Mengandung Kolagen

Ingin kulit kencang, halus, dan bersinar? Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung kolagen.

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan melemah. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi keriput, timbul garis-garis halus, dan kendur.

Kolagen memang merupakan bagian penting dalam jaringan tubuh. Kolagen adalah sejenis protein yang bekerja dengan keratin untuk memberi kulit kekuatan, elastisitas, kehalusan, dan ketahanan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen di tubuh Anda:

  • Sayuran

Sayuran hijau tua merupakan jenis makanan yang mengandung agen penghasil kolagen. Tambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kol, dan kangkung ke makanan Anda setiap hari.

Dalam sebuah penelitian di Prancis, sayuran hijau mampu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit. Selain itu, konsumsi rutin kangkung, bayam, biji, dan asparagus juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen sehingga mampu memanfaatkan protein secara efektif.

  • Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah peradangan sel. Ketika sel lemah, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen secara efektif. Asam lemak omega-3 akan memastikan sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk membangun kolagen.

Makanan yang banyak mengandung omega-3 meliputi salmon, sarden, dan kacang mede. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suplemen omega-3 dalam bentuk kapsul.

  • Kedelai

Kacang kedelai kaya akan genistin, senyawa yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan melawan tanda-tanda penuaan. Kandungan nutrisi di kedelai mampu menciptakan kulit yang lebih elastis dan kencang. Anda bisa juga mengonsumsi olahan dari kedelai, seperti tempe, tahu, atau susu kedelai.

  • Cokelat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, kandungan kakao pada cokelat mampu meningkatkan aliran darah. Di samping itu, cokelat juga mampu melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda mengonsumsi dark chocolate.

  • Vitamin C dan A

Menurut Mayo Clinic, makanan yang kaya vitamin C akan membuat kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Sementara itu, menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Makanan kaya vitamin A bisa diperoleh dari daging sapi, hati, telur, susu, dan sayuran hijau berdaun gelap.

  • Susu

Susu dan semua produk olahannya sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Susu adalah sumber protein hewani yang memiliki kadar lisin tinggi sehingga mampu membentuk kolagen secara alami. Protein lisin juga dapat diperoleh dari putih telur.

  • Tomat

Kandungan gizi pada 100 gram buah tomat, dapat memenuhi 21 persen dari kebutuhan vitamin per hari yang berfungsi sebagai kolagen alami. Tomat juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, karena di dalamnya mengandung banyak likopen.

Itulah beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Seperti sudah dijelaskan, produksi kolagen dalam tubuh akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, dan hal ini adalah sesuatu tidak bisa dicegah.

Namun, jika Anda seorang perokok aktif, cobalah untuk berhenti dari sekarang. Kebiasaan merokok dapat membunuh kolagen karena menggerogoti protein dan membatasi aliran darah di dalam tubuh. Jadi, percuma saja mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen jika Anda masih merokok, bukan?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar