HomeGaya hidupSehat dan BugarWaspadalah, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Anda!
Sehat dan Bugar

Waspadalah, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Anda!

Gerardus Septian Kalis, 10 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari ini ternyata bisa membahayakan kesehatan. Apa saja itu?

Waspadalah, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan Anda!

Selain merokok dan konsumsi makanan junk food, ternyata masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang bisa mengancam kesehatan Anda. Beberapa kebiasaan ini sulit dikenali karena menjadi bagian dari rutinitas normal.

Tak jarang, Anda sendiri  bahkan tidak melihat efek negatifnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini ternyata membawa masalah bagi kesehatan fisik dan psikologis.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat menganggu kehidupan Anda.

Berpikir tentang kejadian yang menegangkan entah itu lima tahun atau lima menit yang lalu ternyata tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda. Semakin banyak orang memikirkan peristiwa yang penuh tekanan, semakin besar kemungkinan mereka untuk tumbuh depresi.

Sebuah penelitan tahun 2017 yang diterbitkan di Behavior Research and Therapy mengungkapkan tindakan merenung mengenai tekanan di masa lalu bisa menyebabkan gejala depresi.

Sadarilah berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk memikirkan kejadian stres. Memasukan energi positif  ke dalam hidup Anda jauh lebih baik ketimbang memikirkan hal-hal yang tak dapat Anda ubah.

Apakah Anda menganggap diri Anda bodoh setiap kali melakukan kesalahan atau selalu menunjukkan kekurangan saat Anda melihat cermin? Jika iya, maka kritik keras terhadap diri sendiri akan menjadi kebiasaan yang Anda bawa seumur hidup.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan, kritik keras terhadap diri sendiri dapat meningkatkan gejala depresi. Mengubah cara berpikir bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Penelitian menunjukkan, bahwa media sosial menyebabkan perasaan terisolasi. Semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang di media sosial, semakin terisolasi perasaannya.

Isolasi sosial tersebut ternyata buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Dan penelitian menunjukkan, iri pada teman di media sosial dapat meningkatkan risiko depresi.

Alih-alih menghabiskan berjam-jam bergulir di media sosial, sebaiknya Anda menginvestasikan waktu dan energi Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Makan siang dengan teman, menghubungi seseorang di telepon, atau menjadwalkan makan malam bersama keluarga besar Anda.

Sebuah penelitian menunjukkan, terjaga hingga larut malam dan tidur menjelang pagi akan menurunkan kesehatan Anda.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di American Sleep of Medicine mengungkapkan, waktu tidur yang terhambat dikaitkan dengan konsumsi makanan cepat saji yang lebih tinggi dan asupan sayuran yang rendah, terutama di kalangan pria. Selain itu, orang yang waktu tidurnya telat cenderung tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Pekerja kantoran banyak menghabiskan waktunya untuk duduk. Duduk untuk jangka waktu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan diantaranya; diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi kantor mungkin juga buruk bagi kesehatan mental Anda. Cobalah bergerak selama beberapa menit setiap setengah jam agar tubuh dan pikiran dalam kondisi baik.

Beberapa kebiasaan di atas merupakan hal yang lumrah Anda lakukan sehari-hari. Namun, kebiasaan tersebut ternyata dapat membahayakan kesehatan. Karena itu,  sebaiknya Anda mulai menghindarinya dan segera beralih ke pola hidup sehat.

[DA/ RVS]

KebiasaanKesehatanKebiasaan BurukMerusak Kesehatan

Konsultasi Dokter Terkait