Sukses

Asupan Gizi yang Tepat Sebelum Lomba Lari

Seperti apa asupan gizi tepat yang harus dikonsumsi sebelum lomba lari?

Klikdokter.com, Jakarta Kini kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Hal ini menyebabkan berbagai acara olahraga marak diselenggarakan oleh berbagai pihak. Anda pun mungkin tertarik dan turut ambil bagian di dalam lomba tersebut. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan sebelum ikut lomba lari, yaitu asupan gizi.

Jurnal Nutrients, tahun 2014, merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan atau minuman sumber energi, 1–2 jam sebelum memulai olahraga. Camilan ringan seperti sports bar, energy bar, atau sereal dapat menjadi pilihan.

Journal of Sports Science, tahun 2007, menyebutkan bahwa nutrisi memegang peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan stamina pelari dan memastikan tubuh siap untuk menempuh lomba lari dengan performa sebaik mungkin.

Untuk itu, asupan harian selama berlatih dan sebelum lomba lari tidak boleh dianggap sepele. Asupan tinggi energi dan hidrasi yang cukup akan memastikan tubuh dapat bertahan selama berlari.

Menurut dr. Jessica Florencia, karbohidrat merupakan kunci penting dalam asupan harian selama berlatih dan sebelum lomba lari dimulai. Jurnal Sports Medicine menganjurkan asupan karbohidrat 10–12 gram/kg berat badan/hari dalam 1–2 hari sebelum acara lomba lari.

Jadi jika berat Anda adalah 70 kg, maka pastikan Anda mengonsumsi minimal 700 gram karbohidrat dalam porsi kecil-kecil namun sering. Misalnya, Anda dapat mengonsumsi roti dengan selai kacang. Kemudian lanjutkan dengan sereal dan susu dua jam kemudian, lalu pasta dengan telur pada dua jam berikutnya.

Karbohidrat tersebut akan menjadi sumber energi bagi otot saat berlari. Selain itu, Jurnal Nutrients, tahun 2014, menyarankan konsumsi karbohidrat 1–2 jam sebelum mulai berlari dalam bentuk camilan karbohidrat kompleks yang ringan, seperti sereal dan sports bar. Ini akan menjadi sumber energi yang cukup untuk otot Anda.

Untuk meningkatkan stamina dan performa, Anda dapat mengonsumsi satu cangkir kopi, sesuai rekomendasi yang ada di dalam Jurnal Sports Medicine, tahun 2014. Hanya saja, menurut dr. Jessica, Anda harus memastikan kopi tersebut mengandung sedikit gula agar tidak membuat tubuh cepat lemas saat mulai lomba lari.

Asupan gizi di atas dapat menjadi rekomendasi Anda sebelum lomba lari. Agar terhindari dari berbagai risiko kesehatan, Anda tidak boleh mengabaikan asupan gizi tersebut. Anda juga harus mencukupi asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar