Sukses

Makanan dan Minuman yang Perlu Dikonsumsi Usai Olahraga

Agar olahraga tetap memberikan hasil yang optimal, makanan dan minuman apa yang perlu dikonsumsi usai olahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Sesuai dengan definisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), olahraga merupakan aktivitas fisik yang berguna untuk menjaga kesehatan dan tubuh tetap prima. Rekomendasi aktivitas fisik untuk orang dewasa adalah 150 menit aktivitas sedang dalam satu minggu, atau 75 menit aktivitas fisik berat.

Setelah aktivitas fisik sedang atau berat, tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan. Australian Journal of Science Medicine and Sports menuliskan bahwa pemulihan tubuh setelah olahraga harus didukung oleh asupan nutrisi yang sesuai.

International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, tahun 2010, juga mengungkapkan bahwa tubuh membutuhkan energi dari karbohidrat dan sedikit protein setelah berolahraga.

Menurut dr. Jessica Florencia, makanan dan minuman tinggi gula dapat dikonsumsi setelah olahraga. Di samping itu, minuman tinggi gula dan elektrolit dapat dikonsumsi segera setelah olahraga untuk pemulihan energi, cairan, dan elektrolit tubuh. Sepiring pasta dengan saus daging juga bisa dikonsumsi setelah olahraga.

Sementara 1–2 cangkir kopi hanya direkomendasikan untuk diminum sebelum berolahraga guna meningkatkan performa. Setelah olahraga, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi kopi karena akan mempersulit kondisi pemulihan cairan tubuh. Rekomendasi ini dimuat dalam Australian Journal of Science Medicine and Sports.

Agar olahraga dapat memberikan efek optimal terhadap kesehatan dan bentuk tubuh, dr. Jessica mengingatkan bahwa kopi yang dikonsumsi sebelum berolahraga mengandung sedikit gula.

Olahraga yang didukung dengan asupan makanan dan minuman sehat merupakan kombinasi yang paling baik untuk kesehatan jangka panjang Anda.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar