HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat dan Nilai Gizi dari Sebuah Apel
Diet dan Nutrisi

Manfaat dan Nilai Gizi dari Sebuah Apel

Kartika Tarigan, 02 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya manis, apel juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh Anda.

Manfaat dan Nilai Gizi dari Sebuah Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Selain karena warna dan bentuknya yang menggoda, apel juga memiliki rasa yang khas dan aroma yang sangat memikat. Lebih dari itu, di dalam sebuah apel tersimpan sejumlah fakta yang sangat menarik.

Berikut ini fakta menarik tentang apel yang berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda:

1. Nilai gizi buah apel

Setiap satu buah apel ukuran sedang beserta kulitnya, memiliki kandungan gizi yang banyak.

  • Apel Mengandung 95 kalori
  • 25 gram karbohidrat
  • 0,5 gram protein
  • 4 Gram Serat
  • 0.4 gram lemak

Seluruh kandungan dalam satu buah apel tersebut setidaknya dapat memenuhi 14 persen nilai harian konsumsi vitamin C yang disarankan.

2. Manfaat Kulit Apel

Banyak orang cenderung mengupas dan membuang kulit apel saat hendak mengonsumsi apel. Padahal, kulit apel sama bermanfaatnya dengan daging buah apel. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Iowa menyebutkan bahwa kulit apel dapat mencegah obesitas. Hal itu karena kandungan asam folat yang terdapat pada kulit apel.

3. Bagian Tengah Apel Dapat Dimakan

Saat mengonsumsi apel, biasanya kebanyakan orang tidak makan sampai ke bagian tengah. Jika Anda termasuk yang selalu meninggalkan bagian tengah tersebut, artinya Anda telah membuang sekitar 30 persen bagian yang sebenarnya bisa dikonsumsi.

4. Biji Apel Mengeluarkan Sianida

Meski dianjurkan untuk menghabiskan seluruh bagian buah apel, Anda sebaiknya menghindari memakan biji apel. Biji apel memang menjadi bagian dari buah yang selalu dihindari, karena disebut mengandung sianida.

Biji apel memang mengandung amygdalin, yaitu zat yang dapat mengeluarkan sianida ketika terjadi kontak dengan enzim pencernaan manusia. Meski demikian, keracunan akut karena biji apel yang tak sengaja tertelan adalah kasus yang jarang ditemukan.

5. Apel Menjaga Mood

Mengonsumsi apel di pagi hari akan menjaga mood Anda sepanjang hari, karena apel mengandung sejumah gula alami yang dapat membuat Anda lebih terjaga. Sebab saat mengonsumsi makanan manis, otak akan mengenalinya sebagai ‘hadiah’. Saat itulah otak akan memberikan sinyal positif dan membuat Anda semangat dalam menjalani hari.

6. Apel Mudah Dipilih

Benar. Anda tentu tak akan pernah salah dalam memilih apel, kecuali apel tersebut memiliki tanda kerusakan yang sangat nyata. Seperti kulit apel yang kasar atau lubang yang terlalu besar dan membuat cacing keluar dari daging apel. Menurut U.S Apple Association, penampilan apel yang dipenuhi kotoran bukanlah tanda bahwa apel tak dapat dikonsumsi. Sebab beberapa kotoran akan bersih hanya dengan mencuci apel dengan air hangat.

7. Apel Mudah untuk Dikelola

Ada begitu banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk memakan buah apel. Seperti membuat keripik apel, atau sekadar memanggang apel. Hal itu membuat apel sebagai makanan yang dapat menyesuaikan momen dan dapat dinikmati kapan saja. Sebelum mengolah apel, Anda tentu harus mencucinya terlebih dahulu.

Melalui penjabaran di atas, Anda tentu setuju bahwa apel adalah jenis makanan sehat yang tak kalah nikmat dengan makanan olahan tinggi gula. Jadi, segeralah ganti camilan Anda dengan buah yang kaya gizi seperti apel.

Jika ada yang kurang dalam penjelasan di atas, Anda dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan ahli gizi KlikDokter. Segera Install KlikDokter dan bersama #Jagasehatmu

[BA/ RVS]

Buah ApelmoodgulagiziApel

Konsultasi Dokter Terkait