Sukses

Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

Bila Anda sering mendengkur setiap tidur atau terbangun pada pagi hari dengan rasa pegal, artinya posisi tidur Anda kurang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Selain durasi atau lama jam tidur, posisi tidur juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kualitas tidur Anda. Tidur dengan tubuh menghadap samping, telentang, atau tengkurap memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Lalu posisi tidur seperti apakah yang paling sesuai untuk Anda? Berikut ulasan beberapa posisi tidur yang dilansir dari CNN.com:

Tidur Menghadap Samping

Keuntungan: Posisi tidur ini paling sering ditemui dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tidur menghadap samping dianggap paling sesuai untuk membuka jalan nafas bagi Anda yang memiliki gangguan pernafasan atau mendengkur pada saat tidur.Selain itu, posisi ini dianggap dapat membantu meredakan nyeri punggung bagian bawah. Posisi tidur miring ke kiri juga dianggap dapat memperlancar aliran darah ke jantung, terutama pada wanita hamil.

Kerugian: Posisi ini terkadang dapat menyebabkan rasa baal dan kesemutan pada bagian tubuh yang tertindih.

Tidur Telentang

Keuntungan: Tidur telentang dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga seseorang dapat tidur dengan posisi tidur telentang sepanjang malam tanpa harus berganti posisi.

Kerugian: Tidur dengan posisi telentang dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk mendengkur. Karena saat tidur telentang, jalan nafas menjadi tidak optimal. Maka dari itu, seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur tidak disarankan untuk tidur dengan posisi ini.

Tidur Tengkurap

Keuntungan: Bagi Anda yang sering mendengkur saat tidur namun terbiasa tidur telentang dan tidak dapat tidur pada posisi samping, posisi tengkurap dapat menjadi pilihan Anda selanjutnya.Akan tetapi, tidak terlalu banyak keuntungan lain yang didapat dari posisi tidur ini.

Kerugian: Tidur tengkurap dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami nyeri pada daerah leher, karena posisi leher berputar hampir 90 derajat. Selain itu, posisi ini juga kurang ideal bagi tulang belakang.

Dari informasi di atas dapat Anda ketahui posisi tidur yang terbaik agar Anda dapat terbangun dengan segar dan terbebas dari rasa nyeri. Bila Anda merasa mengalami kualitas tidur yang kurang baik dengan posisi tidur yang sekarang, carilah posisi tidur yang sesuai.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar