Sukses

Olahraga Otak Ini Bikin Anda Tambah Pintar

Tak hanya bikin tambah pintar, olahraga otak ini juga bisa menjauhkan Anda dari demensia.

Klikdokter.com, Jakarta Selain bermanfaat untuk tubuh, olahraga juga dapat membantu mengasah ketajaman otak. Tak hanya itu, rutin olahraga otak terbukti dapat menghindarkan Anda dari gejala demensia alias penurunan fungsi dan kemampuan otak. Melakukan olahraga otak juga akan menjauhkan Anda dari Alzheimer dan penyakit khas otak lainnya. Lalu, apa saja jenis olahraga otak yang bisa dilakukan?

1. Mulai dengan makanan Sembarangan makan, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tak sehat, tak hanya akan membuat tubuh Anda rentan terhadap diabetes, stroke, atau penyakit lainnya. Namun juga dapat memicu otak terserang gejala demensia, termasuk kepikunan di usia muda.

Untuk menghindarinya, mulailah melatih indra perasa Anda untuk menyukai makanan-makanan. Dalam beberapa penelitian cara ini diklaim dapat meningkatkan kesehatan otak. Makanan yang berguna untuk kecerdasan otak di antaranya buah dan sayuran berkulit gelap, ikan, dan minyak zaitun.

2. Bermain musik Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nina Kraus, seorang profesor dari Northwestern University, menyebut bahwa bermain musik dapat menjaga kesehatan otak. Saat Anda bergelut dengan musik, otak akan terbiasa untuk merespons suara dan bahasa. Hal itu akan membantu menghindarkan otak Anda dari penuaan dini.

Saat Anda belajar memainkan alat musik, secara tak langsung Anda mengajak otak bermain dengan nada-nada dan partitur. Sehingga otak menjadi lebih peka dan “sering dipakai”. Bermain musik pun dapat meningkatkan kemampuan mendengar, bahkan di tengah keramaian, sekalipun Anda telah bertambah tua.

3. Berlatih dengan matematika Olahraga otak lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan matematika atau materi hitung-hitungan lainnya. Ambillah beberapa waktu luang Anda untuk memecahkan soal-soal matematika.

Jika Anda terlalu sibuk untuk berhitung di atas kertas, cobalah untuk melakukan perhitungan sederhana di pikiran Anda. Hal itu akan merangsang otak Anda tetap bekerja.

4. Bermain peran Saat Anda melakoni sebuah peran dan tergabung dalam klub teater, Anda telah melakukan aktivitas yang memadukan kemampuan mental dan sosial. Hal itu adalah cara ampuh untuk menjaga keseimbangan otak.

Anda juga bisa mencoba mengasah ketajaman otak dengan memecahkan teka-teki silang, atau mengasah strategi otak dengan bermain catur. Coba juga untuk menantang otak dengan membaca buku-buku bermuatan sejarah atau hal-hal yang dianggap kurang menarik untuk otak.

5. Pelajari hal baru Seperti halnya belajar main alat musik, otak akan terjaga kesehatannya saat Anda aktif mempelajari hal-hal baru. Sebab otak akan mengembangkan jaringan baru saat Anda mencoba untuk mengerti suatu hal. Itu tentu akan meningkatkan ketajaman dan dapat membuat Anda lebih pintar.

Anda bisa mencoba untuk belajar memasak. Pasalnya saat Anda belajar memasak, ada banyak fungsi dari dari otak yang akan dilibatkan. Di antaranya fungsi otak mengenal bau, mengenal tekstur masakan, hingga membedakan rasa.

Ternyata ada banyak olahraga otak yang dapat Anda lakukan, agar Anda lebih pintar dan bebas dari demensia hingga Alzheimer. Yuk, mulai ajak otak berolahraga sejak dini!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar