Sukses

Apakah Penyakit Jantung Termasuk Penyakit Keturunan?

Penyakit jantung sering dianggap sebagai penyakit keturunan, atau bawaan dari orang tua. Baca faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung sering kali dikaitkan sebagai penyakit keturunan. Kalau bicara mengenai penyakit jantung koroner, memang demikianlah adanya.

Sebenarnya penyakit jantung ada berbagai macam. Namun, jenis penyakit jantung yang paling dikenal adalah penyakit jantung koroner yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Penyakit jantung koroner merupakan keadaan ketika pembuluh darah koroner, yang memberikan aliran oksigen dan nutrisi bagi sel-sel otot jantung, mengalami penyempitan akibat plak aterosklerosis.

Lalu, bagaimana faktor genetik berpengaruh pada penyakit jantung koroner? Plak aterosklerosis terbentuk akibat adanya kadar kolesterol LDL yang tinggi, kerusakan struktur mikro pembuluh darah akibat zat-zat oksidatif tembakau, atau kondisi gula darah serta tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Salah satu faktor saja di antara faktor-faktor utama tersebut akan mempercepat proses alami penuaan pembuluh darah, pengapuran, dan pembentukan plak.

Namun, apa yang membuat percepatan kerusakan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah koroner, ini menjadi relatif pada setiap orang?

Ada seseorang yang ‘hanya’ punya tekanan darah tinggi, dan sudah mengalami penyempitan berat akibat plak aterosklerosis di beberapa pembuluh darah. Sebaliknya, ada yang juga memiliki tekanan darah tinggi tidak terkontrol, namun ternyata penyempitannya tidak separah orang lain.

Nah, hal yang membedakan adalah faktor genetik. Faktor genetik akan memengaruhi respons sel-sel tubuh seseorang terhadap faktor luar yang mempercepat pertumbuhan plak dan kerusakan pembuluh darah.

Kapan seseorang dikatakan memiliki keturunan penyakit jantung koroner?

Apabila orang tersebut mempunyai keluarga dengan penyakit jantung koroner di usia muda (di bawah 55 tahun untuk laki-laki dan di bawah 65 tahun untuk perempuan). Yang diperhitungkan sebagai keluarga dalam definisi ini adalah ayah atau ibu kandung dan saudara kandung.

Selain itu, seseorang dianggap mempunyai penyakit jantung koroner jika mengalami setidaknya satu di antara kondisi berikut:

  • Sudah dibuktikan dari kateterisasi jantung bahwa memang ada penyempitan pembuluh koroner
  • Pernah mengalami nyeri dada khas penyakit jantung koroner
  • Pernah terkena serangan jantung
  • Pernah terjadi henti jantung mendadak tanpa sebab yang jelas

Apa saja langkah pencegahan bagi seseorang yang punya riwayat keturunan penyakit jantung koroner?
Setiap orang mungkin memiliki tingkat keparahan penyakit jantung yang berbeda, walaupun mempunyai faktor risiko utama yang hampir sama. Hal ini dikarenakan adanya faktor genetik yang diturunkan itu.

Itulah sebabnya penting untuk melakukan deteksi dini dan pengobatan yang tepat karena perjalanan penyakit seseorang akan berbeda dengan yang lain.

Seseorang tidak bisa diobati dengan obat yang persis sama dengan orang lain hanya berdasarkan penyakit yang sama, jika tanpa menjalani pemeriksaan klinis yang saksama dahulu.

Kemudian, apakah seseorang dengan riwayat keturunan penyakit jantung koroner pasti mengalami hal yang sama?

Bisa saja tidak jika orang tersebut sejak awal menyadari dan mengendalikan faktor risiko lain yang bisa dijaga atau dicegah. Seperti tidak merokok, mengendalikan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah dan gula darah, serta senantiasa memiliki berat badan ideal.

Oleh karena itu, selalu terapkan pola hidup sehat sejak dini untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner—sekalipun Anda memiliki faktor keturunan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar