Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rontok

Anda mungkin tanpa sadar telah melakukan beberapa kebiasaan yang membuat rambut rontok. Kebiasaan apa saja itu?

Klikdokter.com, Jakarta Rambut seseorang akan menipis seiring bertambahnya usia. Kebotakan yang terjadi karena rambut rontok juga dapat diturunkan secara genetika. Namun ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu rambut rontok lebih cepat, yaitu:

  1. Mandi dengan air panas

    Mandi dengan air panas memang menyenangkan dan merilekskan tubuh. Namun air panas dapat membuat rambut kering rapuh, mudah patah, dan rontok.

    Suhu yang panas membuang minyak pelindung rambut dan membuat pori-pori kulit kepala memproduksi minyak berlebihan. Hal ini tentu merusak akar rambut dan membuat rambut rontok.

  2. Menggunakan alat penata rambut dan produk kecantikan

    Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak alat penata rambut dan produk kecantikan rambut yang praktis digunakan. Contohnya hair dryer, catokan lurus, catokan keriting, hair spray, wax, dan sebagainya.

    Terlalu sering menggunakan alat penata rambut dapat merusak protein yang membentuk rambut dan kutikula pelindungnya. Ketika kutikula pelindung rambut rusak, kelembapan rambut pun terganggu dan rambut menjadi mudah rontok.

  3. Diet berlebihan

    Makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Diet berlebihan membuat asupan yang masuk diarahkan ke organ yang penting seperti otak dan jantung.

    Alhasil, rambut terabaikan dan menjadi mudah rontok. Mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

  4. Salah saat rambut basah

    Rambut menjadi lebih rentan saat basah. Hal ini dikarenakan oleh kutikula rambut yang sedikit terangkat. Mengeringkan dan menyisir rambut dengan handuk secara agresif saat basah memicu kerontokan. Sebaiknya sisir rambut sebelum keramas agar tidak terlalu kusut.

  5. Mengikat rambut terlalu kencang

    Tidak jarang wanita mengikat rambut dengan gaya ekor kuda (ponytail) atau kepang. Terkadang rambut diikat dengan sangat kencang hingga kulit kepala tertarik.

    Gaya ikat rambut seperti itu sebenarnya dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Akibatnya folikel rambut melemah secara permanen dan membuat rambut tidak mungkin tumbuh kembali. Hal ini disebut juga traction alopecia (kebotakan karena tarikan).

Nah, kini Anda tahu kebiasaan apa saja yang dapat memicu rambut rontok. Agar kesehatan rambut tetap terjaga, mulailah ubah kebiasaan Anda.

Selain dengan mengubah kebiasaan buruk, beberapa produk perawatan rambut dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti produk perawatan rambut Dr. For Hair yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Produk ini mengandung biontin yang dapat membantu memberi nutrisi untuk kulit kepala. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi kerontokan rambut.

Selain itu, Dr. For Hair mengandung Niacinamide PP yang berfungsi membantu melembapkan kulit kepala. Kandungan Dexpanthenol dan Pyrithione Zinc Solution di dalamnya juga membantu menjaga keasaman kulit kepala dan membantu membasmi kuman di kulit kepala.

Rambut rontok adalah awal dari kebotakan. Hal ini dapat terjadi pada semua orang. Namun, Anda dapat mengurangi kerontokan rambut dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk dan memilih produk perawatan rambut yang tepat, salah satunya yang bisa Anda temukan di sini.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar