Sukses

Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Kematian Wanita Diabetes

Minum kopi setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko kematian wanita pengidap diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya para penderita diabetes memiliki larangan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Namun baru-baru ini sebuah penelitian menganjurkan orang yang mengidap diabetes untuk banyak mengonsumsi kopi dan teh.

Pasalnya, kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh disebut dapat menurunkan risiko kematian akibat diabetes, terlebih pada wanita.

Penelitian itu dilakukan oleh peneliti dari University of Porto di Portugal. Para peneliti menemukan bahwa rutin meminum kopi atau teh pada wanita yang memiliki diabetes dapat menurunkan risiko kematian hingga 51 persen. Namun, hal itu tampaknya tidak berlaku pada laki-laki penderita diabetes.

Takaran kafein yang dianjurkan untuk dikonsumsi per hari adalah sekitar 100 mg sampai dengan 300 mg. Jumlah konsumsi biasanya disesuaikan dengan tingkat usia dan lingkungan tempat tinggal.

Seperti penderita diabetes berusia 30-an dengan rutinitas tinggi tentunya akan lebih banyak menyesap kopi, ketimbang seorang yang banyak menghabiskan waktu di rumah. Sebab, jumlah kafein yang dikonsumsi, jika tak dibarengi dengan aktivitas malah dapat memicu masalah lain, seperti insomnia.

Jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh berhubungan langsung dengan penurunan risiko kematian pada penderita diabetes. Kafein disebut dapat menghindarkan Anda dari serangan penyakit kardiovaskular.

Menurut Dr. Joao Sergio dan Professor Davide Carvalho dari University of Porto, penelitian ini telah dilakukan sejak tahun 1999 sampai 2010. Penelitian melibatkan 3000 orang pria dan wanita penderita diabetes. Setelah 11 tahun penelitian, sebanyak 618 partisipan penelitian diketahui meninggal dunia.

Dan para peneliti pun sampai pada kesimpulan bahwa tingkat kematian partisipan berhubungan dengan jumlah kafein yang dikonsumsi. Wanita penderita diabetes yang mengonsumsi 100-200mg kafein perhari memiliki 57 persen risiko kematian lebih rendah jika dibandingkan dengan wanita lain yang tak mengonsumsi kafein.

Sementara pada wanita yang mengonumsi lebih dari 200mg kafein dari kopi, menekan risiko kematian hingga 66 persen. Sementara pasien yang mendapatkan kafein dari teh, menurunkan risiko kematian hingga 80 persen.

Meski demikian, para peneliti tersebut mengaku masih perlu dilakukan kajian mendalam terhadap temuan ini. Jika Anda memiliki diabetes, jagalah kesehatan dengan selalu mengonsumsi makanan yang baik dan berguna bagi tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi kafein dalam kopi atau teh, tentunya dengan takaran yang tidak berlebihan. Dan tentunya, jangan pakai gula ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar