Sukses

5 Kiat Mudah Usir Bau Kaki

Anda memiliki masalah dengan bau kaki? Lakukan beberapa cara ini untuk menghilangkan aroma tidak sedap itu.

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya bau pada kaki bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Tidak hanya mengganggu kenyamanan diri sendiri, bau kaki juga dapat menganggu orang lain yang ada di sekitar. Seperti halnya bagian tubuh yang lain, bau kaki juga disebabkan oleh keringat berlebih.

Ada banyak cara untuk menghilangkan bau kaki, mulai dari penggunaan berbagai macam kosmetik, hingga penggunaan bahan-bahan alami. Berikut ini adalah cara-cara yang terjangkau, cepat dan mudah untuk Anda coba di rumah.

  1. Rendam kaki dengan air garam

    Rendam kaki Anda di air hangat yang sudah dicampur garam, selama 10-15 menit. Garam sanggup menyingkirkan kelembapan kulit, sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak. Metode ini baik dilakukan sebelum Anda tidur. Ulangi cara ini setiap hari sampai bau kaki Anda hilang.

  2. Olahraga

    Mungkin ini terdengar aneh, bagaimana Anda bisa menghilangkan bau kaki dengan olahraga? Anda harus tahu bahwa salah satu alasan tubuh mengeluarkan keringat berlebih adalah karena adanya masalah dengan sirkulasi darah.
    Untuk menormalkan proses sirkulasi darah, Anda harus rutin berolahraga terutama yang berkaitan dengan menggerakkan kaki. Cara ini cukup efektif untuk menyingkirkan bau dan membawa kesegaran pada kaki.

  3. Rendam dengan teh

    Kandungan asam dalam teh dapat menyempitkan pori-pori di kaki sehingga keringat yang keluar akan lebih sedikit. Teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki. Dengan merendam kaki dalam air teh selama 30 menit dapat membantu Anda mengurangi bau kaki. Lakukan metode ini selama satu minggu.

  4. Taburi bedak

    Bedak berfungsi untuk menjaga kaki tetap kering. Ketika kaki mengalami keringat berlebih, maka bakteri akan hidup dan berkembang biak dengan sangat cepat. Bedak bayi disarankan untuk mengurangi bau kaki Anda.

  5. Baking soda

    Baking soda atau natrium bikarbonat dapat mencegah tumbuhnya bakteri karena keadaan kaki yang lembap. Bahan ini mampu menetralkan pH keringat dan mengurangi bakteri.

Tambahkan baking soda di air hangat (satu sendok untuk satu liter air). Rendam kaki di dalamnya selama 15-20 menit. Anda juga dapat menaruh baking soda pada kaus kaki dan sepatu untuk meminimalkan bau kaki.
Itulah cara-cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda terapkan. Jaga selalu tingkat kelembapan pada kaki, agar pertumbuhan bakteri juga dapat dicegah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar