Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi6 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh Anda
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh Anda

Gerardus Septian Kalis, 22 Sep 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memiliki sebutan sebagai ‘ratu buah’, manggis menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

6 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh Anda

Siapa tak kenal manggis. Si bulat berwarna ungu gelap dan berasa asam manis ini dikenal luas sebagai ‘ratu buah’. Di balik namanya yang megah, manggis ternyata menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

Manggis merupakan buah yang mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, protein, karbohidrat dan serat. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A. Kandungan tersebut membuat manggis bermanfaat untuk:

Menjaga kesehatan kulit

Manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulitmu. Ini karena manggis memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, serta mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mengurangi risiko berbagai kondisi, seperti peradangan dan penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi pada manggis dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, yang pada akhirnya turut melindungi DNA kamu dari kerusakan dan mutasi.

Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat. Sedangkan polifenol yang juga terdapat pada manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol, kamu akan terhindar dari stroke maupun serangan jantung.

Melancarkan peredaran darah

Buah manggis berperan dalam ‘mempromosikan’ sel darah merah, dan mencegah anemia. Ini karena manggis mampu meningkatkan aliran darah, sekaligus menjaga kadar gula di dalam tubuh. Lebih jauh, manggis juga dapat mencegah penyakit katarak karena dapat memperlancar peredaran darah ke mata.

Mengurangi inflamasi

Kandungan zat antiinflamasi di dalam manggis sangat berguna untuk mengurangi gejala radang sendi dengan cara menurunkan kadar C-reaktif protein (CRP), yang merupakan salah satu penyebab terjadinya inflamasi.

Membantu mengendalikan diabetes

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes. Antioksidan di dalam manggis dapat mengendalikan metabolisme glukosa di dalam darah, mengurangi resistensi insulin, dan membantu pankreas memproduksi insulin secara efektif.

Ingin merasakan manfaat manggis seperti yang diuraikan di atas? Pastikan kamu mengosumsi manggis secara rutin, dan dalam jumlah yang tepat. Tapi ingat, buah yang satu ini hanya berperan sebagai asupan pendukung semata. Artinya, manggis tidak bisa menggantikan peran obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Kamu juga bisa konsultasi seputar buah manggis atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[NB/ RVS]

DiabetesStrokePenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter