Sukses

Kiat Menjaga Kesehatan Pita Suara

Letak pita suara memang tersembunyi, namun bukan berarti Anda boleh mengabaikan kesehatannya.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Akan tetapi, masih sedikit orang yang berupaya untuk menjaga kesehatan pita suaranya. Sebab, mereka menganggap bahwa masalah pada suara hanya perkara kecil. Anda pun mungkin berpikir demikian.

Padahal jika sudah mengalami masalah dengan suara, Anda tentu akan berhadapan dengan dampak buruk yang luar biasa. Rasa percaya diri Anda juga mungkin akan terganggu saat suara serak atau hilang. Karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan pita suara melalui beberapa kiat berikut ini.

  1. Minum air dalam jumlah cukup

    Air putih tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan pita suara. Pita suara bekerja dengan getaran yang sangat cepat, sehingga keseimbangan air yang cukup dapat menjadi pelumas yang baik untuk pita suara. Anda juga dapat mengganti camilan dengan buah yang mengandung banyak air seperti apel, pir, semangka, melon, dan anggur.

  2. Pita suara perlu istirahat

    Jika sering bicara dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pita suara. Atur waktu untuk menemukan suasana sepi, sehingga Anda dapat diam dan tak perlu banyak bicara dengan orang lain.

  3. Jangan merokok

    Merokok bisa menimbulkan risiko kanker dan mengganggu kondisi pita suara Anda. Merokok juga dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat pita suara tidak dapat bergetar. Suara pada seorang perokok pasif pun dapat terganggu apabila berada di sekitar perokok aktif.

  4. Jangan berteriak

    Hindari berteriak atau menjerit. Cobalah untuk tidak berbicara keras saat sedang berada di daerah yang bising. Jika tenggorokan terasa kering atau lelah, dan suara menjadi semakin serak, itu merupakan tanda bahwa ada masalah pada pita suara Anda.

  5. Jaga otot tenggorokan tetap rileks

    Usahakan otot tenggorokan dan leher tetap dalam kondisi rileks, bahkan sewaktu menyanyi nada tinggi maupun rendah. Beberapa penyanyi punya kebiasaan memiringkan kepala mereka ketika bernyanyi nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah. Kebiasaan ini bisa membuat otot vokal menjadi tegang, bahkan dalam jangka panjang bisa mengurangi kemampuan jangkauan vokal Anda.

  6. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan

    Membersihkan tenggorokan atau membuang dahak ibarat sedang ‘membanting’ pita suara. Sebab, aktivitas membersihkan tenggorokan dapat melukai dan membuat suara menjadi serak. Cobalah dengan seteguk air untuk membersihkan tenggorokan. Jika merasa harus membersihkan tenggorokan terlalu sering, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Anda menderita alergi atau sinus.

Suara dapat mewakili kepribadian Anda. Jangan sampai kebiasaan di atas membuat kesehatan pita suara terganggu. Anda perlu menghindari kebiasaan buruk tersebut agar suara Anda tetap terdengar jernih dan bagus.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar