Sukses

Lakukan Strategi Ini Ketika Anak Malas Mandi

Mandi merupakan suatu kewajiban guna menjaga kebersihan tubuh. Bagaimana harus bersikap ketika anak malas mandi?

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak penyebab anak malas mandi. Salah satunya, karena anak belum memahami pentingnya mandi bagi kesehatan. Selain itu, rasa bosan atau trauma akibat kejadian yang tidak diinginkan, yang pernah terjadi pada dirinya – seperti masuknya sabun ke mata dan sebagainya – dapat juga memengaruhi hal itu.

Bila anak malas mandi, Anda tak perlu panik, lakukan hal berikut untuk mengatasinya di rumah:

  1. Buat waktu mandi menjadi menyenangkan

    Membuat waktu mandi menjadi lebih menyenangkan bagi anak Anda cukup mudah untuk dilakukan. Anda dapat berkreasi dengan menggunakan mainan seperti gelas plastik, mainan berbentuk bebek, perahu dari karet, alfabet atau gambar-gambar yang tertempel di dinding, dan sebagainya.

  2. Gunakan produk mandi yang aman

    Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa anak senang melakukan aktivitas mandi adalah dengan menggunakan produk yang aman. Pilihlah produk sabun, sampo, atau bubble bath yang tidak mengiritasi mata anak. Cara ini bisa mencegah anak malas mandi akibat trauma karena sabun masuk ke mata.

  3. Pastikan suhu air tepat

    Dalam memandikan anak, Anda juga dapat menjaga agar suhu air mandi tidak terlalu dingin atau terlalu panas bagi anak. Suhu air yang ideal juga dapat membuat anak lebih nyaman untuk mandi dan tidak terburu-buru.

  4. Tambahkan variasi pada kegiatan mandi

    Bila anak tampak mulai bosan dengan kegiatan mandi yang monoton, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai variasi. Sebagai contoh, Anda dapat menyelingi mandi di bak mandi dengan mandi menggunakan shower. Selain itu, Anda juga bisa mengganti setiap bulannya mainan mandi yang ia gunakan.

  5. Mendidik anak mengenai manfaat mandi

    Seiring dengan bertambahnya usia, Anda juga dapat mulai menjelaskan kepada anak mengenai pentingnya mandi, seperti menjaga kebersihan tubuh, menghilangkan kuman penyebab penyakit, membuat tubuh menjadi lebih harum, dan sebagainya. Dengan cara ini, anak akan mulai memahami pentingnya kegiatan mandi.

Anak malas mandi merupakan salah satu hal yang cukup sering ditemui oleh sebagian orangtua. Dengan menerapkan strategi di atas, diharapkan bahwa anak menjadi lebih rajin untuk mandi dan menjaga kebersihan tubuh.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar