Sukses

Gaji Besar vs. Kepuasan Kerja, Mana yang Lebih Bikin Bahagia?

Manakah yang lebih Anda pilih untuk mencapai kebahagiaan? Gaji besar atau kepuasan kerja?

Klikdokter.com, Jakarta Uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang. Hal itulah yang membuat banyak orang mencari pekerjaan yang menjanjikan gaji besar. Namun, apakah kebahagiaan dalam bekerja semata-mata hanya diukur dengan pendapatan?

Nyatanya pekerjaan dengan gaji yang tinggi tidak selalu mudah untuk dijalani. Bisa jadi karena bidang pekerjaan yang tidak sesuai, tanggung jawab yang terlalu berat, hingga lingkungan kerja yang tidak kondusif. Pekerjaan dengan gaji besar juga belum tentu bisa memberikan Anda kepuasan dalam bekerja.

Lantas, mana yang lebih penting: gaji besar atau kepuasan kerja?

Pilih yang Mana?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Academy of Sciences menyoroti polemik tersebut. Para peneliti menemukan bahwa kekayaan, pada suatu waktu, akan tak lagi mendatangkan kebahagiaan. Penelitian ini menyebutkan, bahwa memiliki banyak uang tidak akan membuat Anda lebih bahagia, namun tidak memiliki uang mungkin membuat Anda menderita.

Sebab ukuran kebahagiaan setiap orang berbeda-beda. Dan seiring berjalannya waktu, sejumlah gaji yang sebelumnya cukup membuat bahagia, akan mulai terasa tak lagi menyenangkan, bahkan cenderung terasa semakin sedikit.

Tentu saja setiap orang memiliki kebutuhan dan jumlah pengeluaran yang berbeda. Hal itu semakin membuktikan bahwa sederet angka yang tercetak di slip gaji Anda bukanlah satu-satunya faktor yang dapat membuat Anda bahagia.

Anda kemudian berpikir, “Saya harus pilih yang mana?” Tetap bekerja di perusahaan yang memberi gaji tinggi namun tidak sesuai minat, atau pergi untuk melakukan pekerjaan yang lebih disukai demi kepuasan kerja yang hakiki. Namun, konsekuensinya adalah Anda mungkin akan mendapatkan gaji yang tidak lebih besar, bahkan mungkin di bawah gaji Anda saat ini.

Tidak semua orang bekerja hanya untuk kepuasan belaka. Beberapa di antaranya bekerja untuk mencapai kesuksesan dan kehidupan yang lebih berkecukupan. Pada orang-orang seperti itu, bekerja dengan gaji yang kecil justru dapat mencederai rasa bahagia dalam menjalani hidup.

Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki tujuan demikian, Anda harus mulai menghargai pekerjaan Anda. Pada akhirnya, psikologi membuktikan bahwa kebahagiaan, termasuk melalui kekayaan, tidak dapat hanya diukur dengan angka.

Kepuasan Kerja, Kunci Sukses

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan. Dan kesuksesan biasanya akan meningkat seiring dengan kepuasan yang dirasakan seseorang atas pekerjaannya. Penelitian menunjukkan bahwa saat Anda mengerjakan sesuatu dengan hasrat dan sesuai minat, Anda lebih berpeluang untuk sukses.

Daniel H. Pink – penulis buku tentang pekerjaan, manajemen, dan ilmu perilaku – mengatakan, ketika Anda mengerjakan pekerjaan yang terlihat kecil di awal, tidak menutup kemungkinan Anda pun bisa menjadi kaya,. Karena gaji yang kecil pun pasti akan membuat Anda belajar dan ikut berkembang, untuk mencapai tahap hidup selanjutnya.

Menurut Daniel, umumnya orang berkembang saat mereka melakukan sesuatu yang mereka sukai. Jadi, semakin Anda bahagia, semakin baik pula Anda berada pada pekerjaan itu. Dengan mengingat hal itu, memilih pekerjaan yang lebih bahagia bisa menjadi kunci kesuksesan sebuah kehidupan, baik dalam arti pendapatan, maupun kepuasan secara keseluruhan.

Kesimpulannya, perdebatan tentang gaji besar dan kepuasan kerja itu adalah hal yang rumit tetapi mudah dijawab. Setiap orang memang memiliki definisi kebahagiaannya masing-masing, tetapi fakta menunjukkan bahwa kekayaan bukanlah jaminan kebahagiaan. Jadi, cintailah pekerjaan Anda!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar