Sukses

Gejala Kanker Prostat yang Wajib Anda Ketahui

Kanker prostat biasanya tidak memiliki gejala awal. Kenali tanda-tandanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat sendiri merupakan kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Seseorang yang menderita kanker prostat biasanya tidak memiliki gejala awal. Karena itu, seorang pria diharuskan rutin melakukan digital rectal exams (DRE) dan prostate specific androgen (PSA). Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra.

Beberapa tanda dan gejala kanker prostat yang bisa Anda kenali, seperti:

  • Lebih sering buang air kecil (terutama saat malam hari)
  • Merasa nyeri atau panas pada penis saat buang air kecil atau ejakulasi
  • Kandung kemih terasa selalu penuh
  • Darah dalam urine atau air mani
  • Tekanan saat mengeluarkan urine berkurang
  • Nyeri di punggung bagian bawah, pinggul atau paha
  • Sulit menahan buang air kecil
  • Sulit buang air besar dan masalah pencernaan
  • Kesulitan untuk ereksi

Gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Namun, gejala-gejala di atas tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat, bisa saja oleh infeksi saluran kencing (ISK).

Hingga kini, penyebab pasti munculnya kanker prostat masih belum diketahui. Akan tetapi, faktor keturunan dan usia bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat.

Namun, gejala-gejala terkait prostat tidak berarti menunjukan adanya kanker, penyakit seperti Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) juga dikenal sebagai penyebab pembesaran prostat karena memiliki gejala yang sama.

Jika Anda mengalami beberapa gejala kanker prostat, segera berkonsultasilah dengan dokter untuk melakukan skrining kanker prostat pada usia 40-50 tahun. Skrining yang dilakukan adalah dengan tes darah menggunakan antigen khusus prostat.

Dengan mengenali gejala-gejala kanker prostat seperti di atas, Anda bisa lebih dini mendeteksi penyakitnya. Karena semakin dini kanker terdeteksi, penanganan bisa lebih mudah dilakukan oleh dokter, agar kanker tidak menyebar ke bagian lain tubuh.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar