Sukses

Nefritis Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez

Selena Gomez baru saja menjalani transplantasi ginjal akibat penyakit nefritis lupus. Penyakit apa ini?

Klikdokter.com, Jakarta Pekan ini publik dihebohkan dengan pengakuan aktris muda asal Amerika Serikat, Selena Gomez bahwa ia baru saja menjalani transplantasi ginjal. Tindakan ini harus dilakukan akibat penyakit nefritis lupus yang dideritanya selama ini.

Apa itu Nefritis Lupus?

Lupus, atau secara medis dikenal disebut Systemic Lupus Erythematosus, merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Pada kondisi ini, daya tahan tubuh yang harusnya memerangi kuman justru menyerang sel-sel dalam tubuh itu sendiri.

Salah satu komplikasi dari lupus adalah nefritis lupus. Keadaan ini terjadi saat daya tahan tubuh menyerang sel dan jaringan di ginjal, sehingga menyebabkan kerusakan pada organ tersebut. Lebih dari 50% penderita lupus mengalami nefritis lupus.

Pada tahap awal, nefritis lupus akan menyebabkan kemampuan penyaringan (filtrasi) ginjal menurun sehingga protein akan dikeluarkan melalui urine dalam jumlah banyak. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kekurangan protein, dan menyebabkan timbulnya bengkak pada tungkai maupun wajah.

Setelah itu, bila penyakit lupus tak terkontrol dengan baik, nefritis lupus akan semakin merusak fungsi ginjal, menyebabkan tekanan darah meningkat, dan menyebabkan gagal ginjal. Akibat kondisi ini, mau tak mau penderita harus melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada obat yang sepenuhnya dapat menghilangkan penyakit lupus dan komplikasinya. Pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk mengontrol penyakit, agar tidak menyebabkan komplikasi ke berbagai organ tubuh. Namun pengobatan yang ada pun tak menjamin penderita lupus terbebas dari gangguan ginjal.

Semoga ilmu dan teknologi kedokteran segera dapat menemukan pengobatan yang tepat untuk penyakit lupus. Dengan demikian, mereka yang mengalami kondisi ini tak mengalami nefritis lupus yang mengakibatkan gagal ginjal seperti yang dialami Selena Gomez.

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Jasmine Lutfiah Sekar

    Lupus, mungkinkah bisa disembuhkan? Mungkin sekali, konsumsi herbal racik murni alami, normalkan kelebihan imun yg nyerang tubuh, bertahap bisa pulih kembali, Minat? Serius? Hub WA 082318506211