Kesehatan Umum

Kiat Agar Otak Tetap Cemerlang Meski Usia Bertambah

Kartika Tarigan, 19 Sep 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Bagaimana cara menjaga agar otak tetap sehat meski usia bertambah? Simak penjelasannya di sini.

Kiat Agar Otak Tetap Cemerlang Meski Usia Bertambah

Otak yang sehat adalah salah satu aset untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat. Namun, dengan bertambahnya usia, otak manusia pun akan bertambah ‘tua’. Lalu, bagaimana caranya menjaga otak agar tetap sehat dan cemerlang, meskipun usia terus bertambah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari American Association and American Stroke Association menyarankan, untuk selalu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan yang prima akan membantu Anda menghindari penyakit khas saat usia bertambah, di antaranya Alzheimer.

Alzheimer, salah satu jenis penyakit otak ini nyatanya berhubungan langsung dengan serangan kardiovaskular. Artinya saat Anda tak benar-benar menjaga kesehatan, Anda harus bersiap jika satu saat penyakit tiba-tiba menyerang.

Studi tersebut menyarankan Anda untuk menjaga tekanan darah yang seimbang, mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah. Selain itu, mulailah untuk melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang lebih sehat, mengatur berat badan dan jangan pernah merokok.

Menurut dokter ahli kardiovaskular, dr. Philip Gorelick, kebiasaan-kebiasaan sehat itu nantinya juga akan memberikan dampak positif untuk tubuh. Artinya, selain kesehatan otak bisa terus terjaga, Anda juga akan terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan stroke.

Menurut Gorelick, dengan mengontrol tekanan darah, dapat menjauhkan Anda dari serangan penyakit mematikan. Termasuk penyakit diabetes yang saat ini semakin terasa dekat dengan kehidupan masyarakat, lantaran gaya hidup sehat yang semakin tak dihiraukan.

Melihat betapa pentingnya hal ini, maka tak ada lagi alasan untuk mengabaikan kesehatan Anda, agar otak tetap cemerlang meski usia semakin bertambah. Melakukan perubahan kecil seperti menerapkan pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

[DA/ RVS]

OtakOtak Cemerlang

Konsultasi Dokter Terkait