Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiPsikologi KeluargaMengapa Istri Suka Pakai Baju Suami?
Psikologi Keluarga

Mengapa Istri Suka Pakai Baju Suami?

dr. Adeline Jaclyn, 06 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebagai istri, kamu mungkin pernah atau sering memakai baju suami. Apa penjelasan di balik kebiasaan itu? Coba cari tahu di sini!

Mengapa Istri Suka Pakai Baju Suami?

Selalu ada cara bagi wanita untuk tampil gaya. Bahkan, kadang beberapa wanita pakai baju pasangan pria untuk menciptakan tampilan yang unik, seperti boyish atau oversize.

Tak hanya fashionable, ternyata ada beberapa alasan lain yang dapat membuat wanita memakai baju milik pasangan pria. Apa saja, ya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat pakai baju pasangan yang mungkin bisa dirasakan sang wanita:

1. Merasa Dekat

Ilustrasi Hubungan Rebound pada Pasangan

Bertukar barang dalam sebuah hubungan bukan suatu hal yang baru. Aktivitas tersebut sudah lama menjadi semacam budaya, dan ada banyak alasan yang menjadikan hal itu menyenangkan. 

Bertukar barang, termasuk pakaian, memberikan perasaan lebih dekat dengan pasangan. Perasaan itu akan menjadi semakin menyenangkan saat istri sedang jauh dari suami karena dinas atau studi di luar kota.

Artikel lainnya: Tips Berbagai Peran Suami-Istri di Dalam Rumah Tangga

Hanya dengan menyentuh baju, wanita akan merasa berada dekat dengan pasangan. Bahkan, seorang istri juga mungkin bisa merasakan kehangatan pelukan suami dengan memakai baju suami.

2. Rasa Memiliki

Bertukar barang dengan pasangan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan menggunakan pakaian pasangan, wanita akan merasa percaya diri bahwa ia dan pasangannya saling memiliki. 

3. Rindu Aroma Tubuh Pasangan

Seorang istri yang menggunakan pakaian suami menandakan ia tengah merindukan aroma tubuh suami. Ia seolah menyatu dengan aroma tersebut hanya dengan menggunakan pakaian yang sering dipakai oleh pasangan. 

Saat istri memeluk dan mencium baju suami, ia sekaligus mencium aroma tubuh yang mungkin melekat pada baju tersebut. Sebab, setiap orang memiliki aroma tubuh yang khas dan unik. 

Aroma tubuh juga merupakan salah satu hal yang bisa menjadi daya tarik. Maksudnya, ketika seorang wanita menyukai aroma tubuh pasangannya, ia akan selalu “ketagihan” untuk mencium dan menggunakan baju pasangannya.

4. Mengurangi Cemas

Pasangan dari Highly Sensitive Person Harus Terbiasa dengan Hal Ini

Baju adalah benda yang sangat personal dimiliki oleh seseorang. Dengan istri memakai baju suami, ia akan merasa selalu dekat dan merasa aman. 

Menurut penelitian oleh Universitas British Columbia, memakai baju pasangan dapat mengurangi rasa cemas, kesepian, dan stres. Hal ini dibuktikan dengan responden yang memakai baju pasangannya memiliki hormon stres kortisol lebih rendah. 

Hal ini sama seperti ketika wanita tidur di bagian kasur di tempat pasangan. Kondisi ini juga menimbulkan rasa aman dan nyaman. 

Artikel lainnya: Pendapatan Istri Lebih Tinggi dari Suami, Rentan Konflik?

5. Pengingat Kenangan Indah

Sebuah baju dapat mewakili berbagai momen indah bersama pasangan. Terdapat baju-baju yang dapat mengingatkan istri terhadap momen tertentu. 

Apabila istri memakai baju pasangan, kemungkinan ia akan mudah mengingat momen intim. Hal ini tentunya akan membantu si istri terus merasa dekat. 

Jadi, sudah berapa kali kamu memakai baju suami? Tak perlu malu mengakuinya, menggunakan pakaian suami memang dapat menjadi obat rindu, kok. Jika memiliki kebiasaan seperti ini, lanjutkan saja agar dapat membangun hubungan lebih intim!

Ingin tahu tips relationship menarik lainnya? Download aplikasi KlikDokter, di sini kamu juga bisa konsultasi dengan psikolog untuk mendapat saran hubungan asmara. Percintaan yang menyenangkan juga baik untuk kesehatan mental, lho!

(FR/JKT)

Relationshipkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter