Sukses

3 Mitos tentang Diet yang Anda Harus Tahu

Anda mungkin selalu gagal menurunkan berat badan karena percaya akan mitos tentang diet berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang bukan hal mudah. Ada beragam faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Percaya akan mitos seputar diet juga dapat membuat Anda sulit mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Agar berhasil menurunkan berat badan di kesempatan berikutnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa mitos tentang diet seperti dijabarkan di bawah ini. Terdapat pula penjelasan dari para ahli untuk meluruskan kesalahpahaman yang sudah berkembang di masyarakat.

  1. Mengurangi makan dan memperbanyak olahraga

    Anda tentu pernah mendengar nasihat ini, bukan? Hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Untuk menurunkan berat badan, Anda memang harus menjaga keseimbangan antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar dari tubuh.

    Penelitian dari National Weight Control Registry menunjukkan bahwa orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan cenderung mengubah kebiasaan makan. Mereka juga meningkatkan intensitas olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Namun, kedua hal itu saja tidak cukup.

    Sistem metabolisme tubuh juga menjadi kunci untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal. Artinya, faktor genetik juga turut andil dalam proses diet.

    Setiap orang memang memiliki sistem metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Seseorang yang punya sistem metabolisme dan pencernaan yang baik cenderung lebih mudah dalam mengontrol berat badan. Bila memiliki sistem metabolisme yang lambat, Anda harus lebih bersabar dalam melakukan diet.

    Berita baiknya, Anda dapat menyiasati masalah ini dengan banyak mengonsumsi serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Anda juga perlu menghindari makanan olahan yang mengandung banyak gula tambahan.

  2. Hanya ada satu metode diet

    Anda mungkin mulai melakukan diet karena mengikuti tren yang tengah berkembang di masyarakat. Anda mendapati banyak orang berhasil langsing dengan menjalankan pola diet tersebut. Anda pun menganggap cara diet tersebut adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan.

    Namun saat diet tak membuahkan hasil, Anda justru menyalahkan metode diet itu. Padahal, yang harus diingat adalah tidak semua metode diet cocok dengan kondisi tubuh dan metabolisme Anda.

    Sekitar 45 persen orang di National Weight Control Registry mengatakan bahwa mereka kehilangan berat badan dengan mengikuti cara diet yang diatur sendiri. Sedangkan 55 persen lainnya menggunakan program penurunan berat badan yang terstruktur. Sebagian besar pria dan wanita mengatakan, mereka harus mencoba lebih dari satu cara diet sebelum berhasil mengontrol berat badan dalam jangka panjang.

  3. Tekad yang kuat adalah kunci keberhasilan

    Hal ini tampak benar. Namun tekad yang kuat tidak selalu menyukseskan diet Anda. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak faktor yang dapat menghambat diet Anda, salah satunya faktor genetik.

    Faktor lainnya mungkin saja datang dari lingkungan sekitar, atau tekanan kerja yang tinggi dan memicu stres. Nyatanya, stres dapat memengaruhi pola makan dan justru dapat merusak diet Anda.

Jika satu metode diet tidak membuahkan hasil, tenemukan metode lain yang paling cocok dengan tubuh dan kemampuan Anda. Namun, pastikan bahwa diet yang Anda lakukan aman bagi kesehatan Anda. Atau, konsultasikan lebih dulu ke dokter. Yang penting, jangan menyerah!

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar