Sukses

Adakah Batas Aman Merokok?

Merokok sebatang sehari masih terbilang aman? Yakin? Mari ketahui batas aman merokok di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang berpikir bahwa merokok satu batang sehari masih cukup aman. Ini adalah pandangan yang sangat keliru. Sebenarnya tak ada batas aman merokok.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute menyebutkan, orang yang merokok satu batang per hari mengalami peningkatan risiko kematian lebih dini dibanding orang yang tidak pernah merokok sama sekali. Semakin banyak rokok yang dikonsumsi, semakin meningkat pula risiko kematian.

Dalam penelitian itu disebutkan tidak ada batas aman dari merokok. Selain itu, sangat erat kaitannya antara perokok dengan kematian akibat kanker paru. Merokok 1–10 batang per hari diyakini dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung maupun penyakit saluran pernapasan (termasuk kanker paru).

Melihat fakta tersebut, inilah saatnya bagi Anda untuk berpikir dua kali sebelum menyulut rokok. Apalagi Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan, sepertiga lebih atau 36,3% penduduk Indonesia adalah perokok.

Bahkan, sebanyak 20% remaja usia 13–15 tahun adalah perokok. Tak heran jika Indonesia menjadi negara nomor tiga terbanyak jumlah perokoknya di dunia setelah Cina dan India.

Dampak buruk merokok bagi kesehatan telah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Dan ini tidak hanya dirasakan oleh si perokok, tetapi juga oleh orang-orang yang terpapar oleh asap rokok.

Terdapat sekitar 3.000 ribu zat kimia pada sebatang rokok. Zat-zat kimia tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang bahkan dapat mengancam jiwa.

Partikel asap rokok seperti benzopiren dikenal sebagai bahan karsinogen (zat penyebab kanker) dan dapat menimbulkan penyakit seperti kanker paru. Nikotin pada rokok dapat meningkatkan beban kerja jantung dan karbon monoksida, merusak dinding pembuluh darah. Masih banyak lagi penyakit yang dapat ditimbulkan oleh rokok.

Jadi, sudah tahu, kan, bahwa tidak ada batas aman merokok? Tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari merokok. Sayangilah tubuh Anda, dengan menjauhi kebiasaan buruk tersebut.

[RS/ RVS]

3 Komentar