HomeGaya hidupSehat dan BugarAnda Ingin Kurus? Olahraga Saja Tidak Cukup
Sehat dan Bugar

Anda Ingin Kurus? Olahraga Saja Tidak Cukup

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tubuh kurus dan langsing tidak datang dalam semalam. Agar sukses menurunkan berat badan, baca aturannya di sini.

Anda Ingin Kurus? Olahraga Saja Tidak Cukup

Berat badan berlebih merupakan masalah kesehatan yang dapat mengancam tubuh. Berbagai penyakit seperti diabetes mellitus, kolesterol tinggi, jantung, dan stroke dapat timbul karena berat badan berlebih. Untuk itu, masyarakat disarankan untuk mempertahankan berat badan ideal.

Organisasi kesehatan Dunia (WHO) memang menegaskan bahwa rekomendasi aktivitas fisik untuk orang dewasa adalah 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat, dalam satu minggu. Namun, olahraga saja tidak cukup. Pengurangan asupan kalori juga penting.

Menurut dr. Jessica Florencia, berat badan meningkat karena asupan yang berlebih dan energi yang keluar tidak berimbang. Jurnal Obesity tahun 2012, menganjurkan untuk mencegah berat badan berlebih dengan strategi pengurangan asupan kalori dan aktivitas fisik secara rutin dalam satu minggu.

National Institutes of Health Obesity Education Initiative Expert Panel di Amerika merekomendasikan untuk mengurangi 500–1000 asupan kalori per harinya. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan menambah porsi sayur dan buah, serta mengurangi asupan makanan dan minuman yang tinggi lemak dan gula.

Pemerintah Indonesia merekomendasikan asupan gula tidak melebihi 50 gram per hari atau 194 kalori. Dengan tidak melebihi rekomendasi asupan gula tersebut, Anda dapat mengurangi asupan kalori lebih baik.

Jika Anda termasuk generasi muda yang gemar menikmati kopi, pilihlah kopi rendah gula. “Pastikan pula asupan gula dari makanan dan minuman lain tidak berlebihan,” kata dr. Jessica. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tubuh kurus, langsing, sehat, dan berat badan tetap ideal.

[BA/ RH]

OlahragakopiKurus

Konsultasi Dokter Terkait