Sukses

4 Vitamin Penting untuk Kesehatan Payudara

Beberapa vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan payudara.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar wanita ingin memiliki payudara yang besar. Berbagai macam metode ditempuh untuk mewujudkannya. Karena terlalu fokus pada ukuran, banyak wanita yang mengabaikan kondisi kesehatan payudaranya.

Padahal, infeksi jamur, kendur dini, infeksi payudara, kanker payudara, serta masalah saat menyusui, adalah beberapa penyakit payudara yang bisa terjadi pada wanita. Nah, berikut ini adalah daftar vitamin yang bisa membantu payudara Anda semakin sehat.

  1. Vitamin A

    Vitamin A mampu melindungi kesehatan payudara Anda dari radikal bebas. Tidak hanya payudara, konsumsi vitamin A juga mampu memberikan kesehatan untuk seluruh tubuh.

    Vitamin A membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan meningkatkan regenerasi sel. Dengan mengonsumsi vitamin A, tubuh Anda akan menambah produksi kolagen. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat ditemukan pada kentang dan wortel.

  2. Vitamin C

    Vitamin C menawarkan banyak manfaat seperti halnya vitamin A, tetapi vitamin C memiliki manfaat secara langsung untuk memengaruhi kesehatan payudara. Vitamin C membantu untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

    Selain itu, konsumsi vitamin C juga membuat jaringan di payudara terhidrasi dengan baik dan mengurangi risiko kanker payudara. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, paprika merah, sayuran hijau, brokoli, jambu, stroberi, dan jeruk bali.

  3. Vitamin D

    Wanita dengan kadar vitamin D yang rendah lebih mudah terkena kanker payudara. Sementara itu, pasien yang menderita kanker payudara dengan kadar vitamin D yang tinggi, memiliki angka kematian yang lebih rendah sebanyak 50 persen.

    Metabolisme vitamin D meningkatkan komunikasi antara sel dengan mengaktifkan protein yang menghentikan pembelahan sel yang agresif. Selama adanya reseptor vitamin D, pertumbuhan tumor dapat dicegah dari penyebaran suplai darah.

  4. Vitamin E

    Vitamin E dipercaya dapat meningkatkan kesehatan payudara dan mencegah pertumbuhan fibroid di jaringan payudara. Di samping itu, vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi pada kehamilan lanjut karena tekanan darah tinggi (praeklampsia), sindrom pramenstruasi (PMS), dan sindrom menopause.

    Makanan yang kaya vitamin E terdapat pada kacang almon, bayam, alpukat, ikan, dan biji bunga matahari

Keempat vitamin tersebut di atas, mudah didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Nah, jika ingin menjaga kesehatan payudara, masukkan makanan-makanan yang mengandung vitamin tersebut ke dalam menu harian Anda. Selamat mencoba.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar