Sukses

Kiat Hidup Sehat Untuk Pengidap Bipolar

Ingin menjalani hidup sehat dan berdamai dengan gangguan bipolar? Berikut ini kiatnya!

Klikdokter.com, Jakarta Bipolar adalah satu jenis gangguan kesehatan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati seseorang. Biasanya, seseorang yang mengidap bipolar tidak dapat menjalani hidup sehat karena sering mengalami perubahan suasana hati (mood) secara ekstrem, dan tak jarang mengakibatkan depresi.

Pada satu kesempatan, seorang bipolar bisa merasa dirinya adalah orang paling menyedihkan di dunia. Meskipun begitu, tak butuh waktu lama bagi seorang pengidap bipolar untuk berubah menjadi seseorang yang paling ceria dan bersemangat dalam menjalani hidup.

Kondisi ini tentunya bisa mengganggu produktivitas dan kehidupan sosial pengidap bipolar. Jika Anda adalah seorang bipolar, cobalah kiat di bawah ini agar dapat menjalani hidup sehat dan tentunya dapat mengatur emosi dan mood Anda.

  1. Berolahraga

    Faktanya, berolahraga dan berkeringat dapat membuat Anda menjadi lebih bahagia. Terlepas dari Anda adalah seorang bipolar atau tidak, berolahraga adalah satu pilihan terbaik untuk menambah semangat hidup.

    Sebagai seorang bipolar, berolahraga dapat membantu suasana hati Anda menjadi lebih stabil. Rutin berolahraga pun dapat menghindarkan Anda dari gangguan tidur di malam hari. Sebab, saat pengidap bipolar mengalami insomnia, ia mungkin akan memenuhi pikirannya dengan banyak hal. Kondisi ini dapat memicu perubahan mood secara mendadak.

    Mulailah dengan jenis latihan yang sederhana dan mudah, seperti berjalan kaki. Ajak beberapa teman Anda untuk berjalan kaki bersama. Hal ini akan lebih menghangatkan suasana dan membuat Anda lebih bersemangat.

  2. Pola makan yang baik

    Pada dasarnya tidak ada makanan khusus yang menjadi pantangan bagi seorang bipolar. Namun, sama halnya dengan orang lain, sebaiknya pilih jenis makanan yang tepat bagi tubuh Anda.

    Pilihlah jenis makanan yang dapat membuat Anda lebih nyaman dan tenang. Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi adalah pilihan terbaik. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kurangi lemak, gula dan garam.

  3. Manfaatkan waktu luang

    Kuncinya adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Sesibuk apapun, ambil beberapa jam untuk sedikit bersantai. Hal ini efektif untuk mengurangi tekanan dan menghindari gejala depresi.

    Manfaatkan waktu luang dan isi dengan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran. Daripada memilih untuk menonton televisi atau menghabiskan waktu mengecek sosial media, cobalah untuk membaca buku atau mendengarkan musik. Sebab hal itu jauh lebih menenangkan.

  4. Batasi asupan kafein

    Terlalu banyak mengonsumsi kafein nyatanya dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam, sehingga akan memengaruhi mood Anda.

    Untuk itu, kurangi konsumsi minuman bersoda, kopi dan teh. Ketiga jenis minuman tersebut mengandung kafein yang dapat membuat Anda ketagihan. Hindari juga meminum secangkir coklat panas, karena ada kafein yang juga terkandung di dalamnya.
    Selain kafein, usahakan juga untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Selain tak baik bagi tubuh, minuman beralkohol dapat mengganggu penyerapan obat yang tengah Anda konsumsi.

Menjadi seorang pengidap bipolar memang memiliki tantangan yang cukup tinggi untuk dapat tetap menjalani hidup sehat. Tetapi, keempat cara di atas dapat Anda aplikasikan agar terhindar dari perubahan suasana hati yang tidak stabil dan depresi.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar