Sukses

Benarkah Minuman Bersoda Picu Penuaan Dini?

Jika Anda menggemari minuman bersoda, waspadalah karena minuman ini dikatakan dapat memicu penuaan dini. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Minuman bersoda sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, diantaranya adalah diabetes, jantung dan obesitas. Akan tetapi, menurut sebuah studi terbaru, ternyata minuman bersoda juga dapat menyebabkan sel-sel di tubuh Anda menua sebelum waktunya. Tapi benarkah ini pertanda penuaan dini?

Sel-sel yang menua pada tubuh terjadi karena telomer tidak berjalan sempurna. Telomer adalah bagian dari DNA yang terletak pada ujung kromosom sel eukariot dan berfungsi melindungi DNA dari kerusakan, serta mempertahankan kestabilan kromosom. Adanya perubahan pada telomer berhubungan dengan proses penuaan dini.

Telomer sendiri akan memendek setiap kali membelah. Namun, jika telomer terlalu pendek, sel bisa berhenti membelah dan mati.

“Jadi selain obesitas, ada jalur lain di mana soda bisa berdampak pada kesehatan kita,” kata Dr. Elissa Epel dari University of California, San Francisco’s Aging, Metabolism, and Emotion Center, seperti dikutip dari huffingtonpost.com

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengukur panjang telomer dalam DNA yang diambil dari 5.309 pria dan wanita yang berusia antara 20-65 tahun. Para periset menemukan bahwa, telomer orang-orang yang minum soda harian sebanyak 8 ons, menunjukkan usia biologisnya jauh lebih tua 1,9 tahun. Sementara, mereka yang minum harian 20 ons mengalami penambahan usia biologis sekitar 4,6 tahun.

Penelitian tersebut dilakukan tanpa membedakan usia, ras, pendapatan dan tingkat pendidikan. Fakta bahwa konsumsi soda dan pengaruhnya terhadap telomer dapat menyebabkan penuaan dini, ternyata masih harus dikaji lebih jauh lagi.

Dr. Cindy Leung yang juga seorang peneliti riset tersebut, mengatakan bahwa, studi tersebut memberikan penemuan awal yang dapat dieksplorasi lebih jauh dalam studi eksperimental. Nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan tentang hubungan antara soda dan telomer.

Terlepas dari benar atau tidaknya efek minuman bersoda memicu penuaan dini, minuman ini jelas mengandung banyak gula. Mengonsumsi gula berlebihan akan meningkatkan kadar hormon insulin, yang dapat memicu terjadinya diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gangguan jantung dan berbagai dampak negatif lainnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang, kurangilah konsumsi minuman bersoda. Karena, meskipun pendapat yang mengatakan bahwa minuman ini bisa memicu penuaan dini belum bisa dibuktikan, namun minuman bersoda memiliki kandungan tinggi gula yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar