Kulit

4 Makanan ini Bisa Bikin Rambut Subur

Gerardus Septian Kalis, 11 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda ingin memiliki rambut subur? Konsumsilah keempat makanan ini. Apa saja itu?

4 Makanan ini Bisa Bikin Rambut Subur

Setiap orang selalu mendambakan rambut subur dan lebat. Demi tujuan itu, berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mengonsumsi suplemen hingga melakukan perawatan rambut.

Rambut sehat dan subur, tumbuh pada setiap setiap folikel kulit kepala yang sehat. Hal inilah yang pada akhirnya membuat rambut Anda tampak lebat. Sementara bagi mereka yang memiliki rambut tipis, hal itu menunjukan folikel kulit kepala yang tidak sehat.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang dipercaya dapat memicu pertumbuhan rambut.

  1. KacangFolikel rambut terbuat dari protein, karena itu sebaiknya Anda mengonsumsi kacang hitam, kacang merah, kacang pinto dan varietas kacang lainnya yang banyak mengandung protein. Hal ini sangat tepat dilakukan terutama jika Anda sedang menerapkan pola makan vegetarian yang tidak memungkinkan Anda mengonsumsi telur, ikan atau daging.
  2. BrokoliBrokoli memiliki kandungan protein yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Menurut Leonard Bjeldanes, profesor ilmu gizi dan Gary Firestone, profesor biologi molekuler di UC Berkeley, brokoli memiliki enzim yang disebut indole atau I3C, yang diubah menjadi diindolylmethane selama pencernaan. Diindolylmethane terbukti dapat menghambat tindakan DHT, metabolit pada testosteron yang telah dikaitkan dengan pola kebotakan laki-laki.
  3. WortelWortel adalah sumber vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala secara umum. Selain itu, wortel juga berperan dalam produksi sebum, seperti halnya bayam yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut lebih cepat, melalui produksi sebum yang sehat.
  4. Kedelai Kedelai dan semua produk olahan kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 terdiri dari tiga sifat utama diantaranya, ALA atau asam alfa linolenat, EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Ketiganya bisa membantu menumbuhkan rambut dengan meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dari dalam ke luar, sambil membuat rambut lebih penuh dan lebih tebal.

Nah, itulah keempat makanan yang dapat menyehatkan sekaligus menyuburkan rambut. Demi menjaga kondisi rambut subur dan sehat, hindari terlalu sering memakai pengering rambut dan pemakaian gel, karena berpotensi mengakibatkan kebotakan.

[DA/ RVS]

RambutmakananRambut SuburRambut Lebat

Konsultasi Dokter Terkait