Sukses

Kiat Mengenali Minyak Zaitun Terbaik untuk Kesehatan

Berikut kiat mengenali minyak zaitun yang terbaik untuk mendapatkan sederet manfaat kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Minyak zaitun atau olive oil menjanjikan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sayangnya, banyak minyak zaitun yang beredar justru telah dioplos dengan zat tertentu, sehingga manfaat sehatnya berkurang atau malah hilang sama sekali.

Membeli minyak zaitun yang telah dioplos tidak hanya merugikan Anda dari segi materi, tapi juga kesehatan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak sembarangan membeli minyak zaitun, meski tertera label 100% murni pada kemasannya.

Menurut pakar dari Universitas California Davis Olive Center, Dan Flynn, kata ‘murni’ atau ‘100% asli’ adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh para penjual minyak zaitun. Jadi, Anda sebaiknya tidak buru-buru percaya.

Nah, untuk mengetahui kualitas dari minyak zaitun yang akan Anda beli, lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Balik Botolnya

    Saat Anda mengambil satu botol berisi minyak zaitun, balik dan periksa dari mana produk itu berasal. Hanya karena botol tersebut menuliskan Italia sebagai tempat produksi, bukan berarti minyak itu benar-benar berasal dari Italia.

    Hal itu menunjukkan bahwa ada banyak cara yang mungkin dilakukan oleh penjual untuk memasarkan barangnya. Seperti cara mengemas dan menuliskan label produk ternama, yang membuat tampilan minyak seolah ‘high class’.

  2. Periksa tanggal panen

    Kualitas dari sebotol minyak zaitun ditentukan oleh masa panen. Tanggal panen itu sendiri biasanya tertera pada label dan bungkus kemasan.

    Pilihlah minyak zaitun yang masih baru, karena ini adalah yang terbaik untuk dikonsumsi.

  3. Hirup aroma dan cicipi

    Cobalah untuk mencium aroma dari minyak zaitun sebelum benar-benar dikonsumsi. Minyak zaitun memiliki harum yang khas. Umumnya Anda tak akan menemukan bau-bau yang mengganggu pada minyak zaitun kualitas tinggi.

Selain bau, perhatikan juga warna dari minyak zaitun. Biasanya minyak zaitun memiliki warna sedikit kuning dan cenderung hijau.

Memang tidak mudah mengenali perbedaan antara minyak zaitun berkualitas tinggi dengan yang tidak. Namun seiring berjalannya waktu, dengan mengonsumsi rutin minyak zaitun, Anda tidak hanya menjadi lebih sehat, tapi juga semakin piawai dalam memilih minyak zaitun yang terbaik.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar