Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Rutin Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu

Kartika Tarigan, 07 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hobi minum air kelapa? Inilah sederet manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Manfaat Sehat Rutin Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu

Minum segelas air kelapa bercampur gula memang sangat menyegarkan. Namun jangan salah, air kelapa murni – tanpa campuran gula dan es – juga tak kalah nikmat. Selain itu, air kelapa murni juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, lho!

Rutin meminum air kelapa murni nyatanya dapat memberikan sederet manfaat sehat. Dikutip dari liputan6.com, berikut ini adalah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin minum air kelapa murni selama 2 minggu:

  1. Berat badan berkurang

    Rutin minum air kelapa murni dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Ini karena air kelapa merupakan minuman yang rendah kalori. Mengutip Livestrong, satu gelas air kelapa hanya memiliki 46 kalori. Hal itu membuat air kelapa sangat cocok dijadikan alternatif penghilang dahaga, ketimbang minuman kemasan atau minuman bersoda.
  2. Mencegah dehidrasi

    Dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan asupan cairan. Kondisi ini menyebabkan Anda mudah lelah, atau bahkan hilang kesadaran alias pingsan.Nah, air kelapa murni adalah satu sumber cairan yang lezat, dan dapat menghindari Anda dari dehidrasi. Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, meminum air kelapa murni juga bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang.Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Anda
  3. Tekanan darah yang stabil

    Penelitian menunjukkan bahwa minum air kelapa bisa menurunkan tekanan sistolik sebesar 71%, dan tekanan diastolik 29%. Ini karena setiap 240 ml air kelapa murni mengandung 600 mg potasium. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.Selain itu, air kelapa murni juga diketahui dapat memperlancar peredaran darah dan membuat tekanan darah di dalam tubuh tetap stabil. Ini membuat kesehatan jantung dan otak terjaga dengan baik
  4. Kulit yang lebih cantik

    Air kelapa murni berguna untuk membuat kulit Anda lebih bersih dan bersinar. Ini karena air kelapa merupakan minuman yang sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Secara bersamaan, air kelapa juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dengan ini, kulit Anda akan terlihat sehat dan bersinar.

Jadi, daripada mengonsumsi minuman yang banyak mengandung gula atau soda, lebih baik Anda memilih untuk minum air kelapa murni. Selain menyegarkan, air kelapa terbukti menyehatkan dan jika dikonsumsi secara rutin, dalam 2 minggu Anda akan mendapatkan sederet manfaat di atas. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

darah tinggiManfaat Air KelapaAir Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait