HomeInfo SehatKulitKenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?
Kulit

Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?

dr. Kartika Mayasari, 04 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jerawat bisa timbul kapan saja. Tapi, kenapa kulit lebih mudah berjerawat saat haid?

Kenapa Kulit Mudah Timbul Jerawat saat Haid?

Penyebab jerawat masih belum diketahui secara pasti hingga kini. Namun, ada banyak hal yang dapat menjadi faktor risiko. Salah satunya faktor hormonal atau ketika sedang haid.

Saat mendekati siklus haid, biasanya jerawat itu mulai muncul dan mengganggu penampilan. Menurut penelitian dari Archieve of Dermatology, sebanyak 63% wanita yang akan haid mengalami keluhan timbulnya jerawat.

Menjelang haid, ada ketidakseimbangan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita. Hormon estrogen secara tiba-tiba akan menurun drastis. Hal ini akan diikuti juga dengan penurunan hormon progesteron.

Namun, ada satu hormon yang lebih stabil dibanding dengan kedua hormon yang sebelumnya, yaitu hormon testosteron atau hormon laki-laki. Saat haid, hormon ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan hormon wanita lainnya.

Hormon Saat Haid Meningkat Menjadi Penyebab Jerawat

Saat haid datang, hormon progesteron mulai meningkat. Peningkatan hormon progesteron ini juga akan diikuti pula dengan peningkatan jumlah sebum atau lemak. Peningkatan lemak yang terjadi menyebabkan bakteri P.acnes juga meningkat.

Banyaknya jumlah bakteri tersebut akan menimbulkan peradangan kulit. Peradangan inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat yang datang sebelum atau saat haid.

Walau jerawat saat haid tidak bisa dihindari, paling tidak ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan timbulnya jerawat. Beberapa hal yang bisa Anda terapkan adalah:

  • Menjaga kebersihan wajah 
  • Mencuci wajah Anda dua kali sehari bisa mengurangi jumlah minyak yang ada di wajah.
  • Rajin mencuci tangan
  • Tangan adalah salah satu anggota badan yang sangat mudah terpapar bakteri dan virus. Jika tangan Anda yang kotor menyentuh jerawat yang sedang meradang, jerawat pun akan susah membaik.
  • Berhenti merokok
  • Merokok merupakan faktor penyebab semua jenis jerawat. Oleh karena itu,berhentilah merokok jika tak ingin jerawat muncul atau semakin membandel.

Dengan cara-cara tersebut, diharapkan kondisi jerawat Anda tidak memburuk saat masa haid. Minum air putih yang cukup juga penting untuk membuat kulit terhidrasi. Semoga membantu!

[RS/ RVS]

kulitJerawatHaid

Konsultasi Dokter Terkait