HomeInfo SehatKesehatan UmumMandi Setelah Makan Membahayakan Kesehatan?
Kesehatan Umum

Mandi Setelah Makan Membahayakan Kesehatan?

Gerardus Septian Kalis, 05 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mandi setelah makan memang menyegarkan, tapi benarkah akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh?

Mandi Setelah Makan Membahayakan Kesehatan?

Mandi adalah salah satu aktivitas wajib guna menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa mandi setelah makan menyimpan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Benarkah?

Sebelum menjawab hal tersebut, ada pemahaman yang harus diluruskan terlebih dahulu, yaitu mandi dan makan adalah dua aktivitas yang berbeda. Mandi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berkaitan dengan organ-organ dalam tubuh.

Jadi, anggapan bahwa mandi setelah makan dapat mengancam kesehatan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Meski demikian, terdapat beberapa bahaya lain yang mengancam kesehatan bila melakukan aktivitas berat usai makan, salah satunya adalah perut kram.

Perut kram terjadi karena sebagian aliran darah terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan aktivitas-aktivitas berat yang dilakukan, membuat otot-otot juga membutuhkan peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram.Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, yaitu:

  1. Langsung tidur 

Banyak orang mengaku mengantuk setelah makan. Jika memang benar seperti itu, Anda sebaiknya menahan rasa kantuk sebentar saja. Bila menuruti rasa kantuk dan tidur, makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik. Makanan yang masih dicerna di lambung mungkin saja naik lagi ke kerongkongan.

  1. Merokok setelah makan

Bagi sebagian orang, merokok setelah makan terasa nikmat. Padahal, Anda tentu tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Bila mengalami gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome, Anda akan mengalami efek buruk dari merokok yang lebih parah.

  1. Minum teh

Teh mengandung zat yang dapat menyerap sari-sari makanan. Kandungan tersebut berupa zat tanin, suatu senyawa yang dapat memengaruhi penyerapan protein dalam lambung. Minum teh setelah makan juga dapat menghambat penyerapan zat besi. Jika kebiasaan minum teh usai makan terus-menerus berlanjut, tubuh akan mengalami anemia atau kekurangan zat besi.

Jadi, memang ada beberapa hal yang harus Anda hindari setelah makan, untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan. Sedangkan, anggapan bahwa mandi setelah makan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

[BA/ RVS]

mandimakanKesehatan

Konsultasi Dokter Terkait