HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMana Lebih Kaya Nutrisi, Daging Kambing atau Daging Sapi?
Diet dan Nutrisi

Mana Lebih Kaya Nutrisi, Daging Kambing atau Daging Sapi?

Gerardus Septian Kalis, 05 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebelum mengonsumsi daging kambing dan sapi, Anda perlu mengecek kandungan nutrisinya terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Mana Lebih Kaya Nutrisi, Daging Kambing atau Daging Sapi?

Hidangan berbahan daging sangat mudah ditemui. Olahan dari daging biasanya dimasak dari daging kambing atau daging sapi. Agar Anda memperoleh manfaat yang maksimal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi pada masing-masing jenis daging tersebut.

Daging kambing

Daging kambing memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Disamping itu, daging kambing juga memiliki kandungan iron, potassium, dan tiamin yang lebih tinggi.

Setiap 85 gram daging kambing yang dimasak hanya memiliki kalori sebesar 122. Daging kambing juga memiliki kandungan lemak paling sedikit. Setiap 85 gram daging kambing mengandung lemak 2,6 gram.

Kandungan kolesterol daging kambing juga paling rendah, yaitu 63,8 miligram per 85 gram penyajian. Daging kambing memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam yang memiliki kandungan kolesterol sebanyak 76 miligram.

Daging sapi

Daging sapi adalah salah satu sumber protein yang baik. Di dalamnya terdapat zat besi, vitamin B12, dan selenium. Secara umum, kandungan zat gizi dalam 100 gram sajian daging sapi mengandung 332 kkal, protein 27 gram, kandungan lemak 30 gram.

Sedangkan, kandungan karbohidratnya nol dan kandungan zat besinya yaitu tiga miligram. Meskipun memiliki kadar sodium yang rendah, daging sapi mengandung kadar selenium yang tinggi.

Selenium pada daging sapi berfungsi sebagai antioksidan yang cukup baik untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Selain itu, daging sapi juga mengandung omega 3 yang berperan dalam membantu sistem kerja jantung, hati, dan otak. Di dalam 150 gram daging sapi terdapat 30 gram asam lemak omega 3.

Nah, itulah perbandingan gizi antara daging sapi dan daging kambing. Pada dasarnya, konsumsi berlebihan untuk kedua jenis daging kurban ini dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan Anda.

[BA/ RVS]

daging kambingNutrisidaging sapidaging

Konsultasi Dokter Terkait