Sukses

3 Olahraga Bela Diri Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda, olahraga bela diri ternyata lebih banyak membakar kalori dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga bela diri yang saat ini populer di Indonesia seperti Muay Thai, Mixed Martial Arts (MMA) dan Boxing (tinju) dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Apa yang sebenarnya membuat ketiga olahraga ini mampu menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya:

  • Mixed Martial Arts (MMA)

    MMA merupakan olahraga full contact yang melibatkan pukulan, tendangan, kuncian dan bantingan. Selain itu, jenis olahraga bela diri ini mengombinasikan berbagai aliran bela diri yakni karate, tinju, taekwondo, kung fu, muay thai,dan juga silat.

    Olahraga MMA membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa, karena regimen atau latihan yang diberikan cukup banyak dan berat. Selain itu juga melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak. Jumlah kalori yang dibakar dalam 1 jam sesi latihan MMA sekitar 900–1000 kalori.

  • Muay Thai

    Olahraga bela diri muay thai merupakan bela diri yang berasal dari negeri Thailand. Bela diri ini melibatkan pukulan, sikut, tendangan, dan bantingan.

    Salah satu manfaat lebih dari muay thai selain membakar kalori adalah mampu menghancurkan lemak yang membandel di perut dan di paha. Dalam 1 jam sesi latihan muay thai, kalori yang terbakar sekitar 650 – 750 kalori.

  • Boxing (tinju)

    Berbeda dengan MMA dan muay thai, bela diri tinju hanya melibatkan pukulan saja. Namun, bukan berarti kalori yang dibakar tidak sebanyak MMA dan muay thai.

    Bela diri tinju melibatkan banyak gerakan menghindar oleh kepala, bahu, dan gerakan pinggang. Dalam 1 jam sesi latihan tinju, kalori yang terbakar sekitar 600-800 kalori.

Jika dibandingkan dengan berlari dan senam, olahraga bela diri ternyata mampu membakar kalori hampir 3 kali lipat lebih banyak. Manfaat lain yang didapat selain menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan olahraga tersebut untuk melindungi diri dari tindakan kriminal.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar