Sukses

Benarkah Makan Salak Bikin Susah Buang Air Besar?

Mitos yang beredar menyebutkan bahwa salak bisa membuat Anda sulit buang air besar. Cek faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak masyarakat meyakini mitos seputar makan salak dan ragu untuk mengonsumsi buah yang memiliki nama latin salacca zalacca ini. Sebenarnya rumor mengenai salak dan susah buang air besar hingga saat ini belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Meski demikian, ada beberapa penyebab sembelit yang bisa Anda kenali. Antara lain susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang serat, kurang minum air, serta minuman beralkohol dan mengandung kafein.

Sedangkan salak itu sendiri sebenarnya merupakan buah yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sebab daging buah dan kulit ari salak tinggi akan kandungan serat dan tanin.

Berikut beberapa khasiat salak untuk kesehatan:

  1. Kaya akan serat

    Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat, terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

    Kandungan taninnya berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

  2. Zat besi dan kalsium

    Buah salak mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

  3. Mengandung vitamin C

    Salak juga bisa menjadi sumber vitamin C alami. Tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan dan minuman karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jenis vitamin ini. Fungsinya adalah memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

    Vitamin C juga penting untuk memicu produksi kolagen, yaitu jenis protein yang menjaga kulit senantiasa kenyal dan lembut serta agar otot-otot Anda tetap lentur.

  4. Sumber antioksidan

    Menurut berbagai penelitian, salak ternyata mengandung antioksidan yang berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh, seperti kanker, penyakit autoimun atau berbagai jenis infeksi.

    Antioksidan juga penting untuk memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga berbagai fungsi organ tubuh seperti jantung dan mata.

  5. Menjaga berat badan seimbang

    Serat pada asupan buah salak mampu membuat perut kenyang lebih lama. Terlebih lagi, salak juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Hal ini menjadikan salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

Melihat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah salak, apakah Anda masih khawatir untuk mengonsumsinya? Jangan khawatir, sebab rumor yang mengaitkan salak dengan buang air besar belum terbukti kebenarannya.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar