Sukses

Fakta di Balik Overdosis Air Putih

Tahukah Anda bahwa ovedosis air putih dapat mendatangkan sederet hal buruk bagi kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Air putih merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh. Ini karena sebagian besar komponen tubuh terdiri dari air. Namun bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya berlebihan, karena dapat menyebabkan overdosis. Ya, overdosis air putih. Pernah dengar?

Overdosis air adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kadar natrium di dalam tubuh menurun drastis (hiponatremia).

Perlu Anda ketahui, natrium adalah komponen yang berperan penting menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kurangnya natrium dapat membuat cairan yang ada di tubuh tertarik ke dalam sel, misalnya sel otak.

Kondisi hiponatremia yang ringan biasanya belum menimbulkan gejala. Namun pada kondisi yang parah, hal ini dapat menyebabkan penderita tampak bingung, mual, muntah, kejang, hingga kematian.

Dari berbagai kelompok masyarakat, ternyata atlet olahraga adalah kelompok yang memiliki risiko paling besar. Ini karena atlet membutuhkan asupan air yang lebih banyak daripada orang pada umumnya.

Mengetahui adanya kondisi ini, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Overdosis air biasanya terjadi dalam kondisi ekstrem, misalnya peserta triathlon atau maraton yang panjang, dan pasien-pasien yang membutuhkan bantuan penghitungan keseimbangan cairan seperti pasien gagal ginjal atau penyakit jantung.

Dalam sedikit kasus, kondisi overdosis air yang bukan disebabkan oleh olahraga memang bisa terjadi. Namun pada kasus seperti ini, biasanya ditemukan adanya gangguan psikologis yang menyertai, seperti adanya keinginan untuk minum terus-menerus, atau konsumsi air yang terlalu besar hingga 5-6 kali anjuran minum dalam sehari.

Untuk mencegah dehidrasi dan overdosis air, pahami tubuh Anda dan segeralah minum saat merasa haus. Ini karena haus merupakan sinyal yang menandakan bahwa tubuh sudah mulai kekurangan cairan.

Pastikan Anda juga menghindari konsumsi air es saat merasa sangat haus, karena sensasi dingin dapat menyamarkan dehidrasi seolah dahaga sudah terpenuhi.

Pahami diri, pahami kebutuhan nutrisi harian yang harus Anda penuhi. Jangan sampai sesuatu yang seharusnya menyehatkan justru mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri, dalam kasus ini overdosis air putih. Tetap waspada, tetap perhatikan kesehatan Anda!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar