Mata

Cegah Katarak dengan Konsumsi Alpukat

dr. Karin Wiradarma, 24 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain nikmat untuk dikonsumsi, alpukat ternyata bermanfaat untuk mencegah katarak.

Cegah Katarak dengan Konsumsi Alpukat

Katarak merupakan penyakit kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit yang umumnya diderita oleh lansia ini masih dapat disembuhkan dengan operasi.

Meski demikian, Anda dapat memperlambat terjadinya katarak dengan melakukan beberapa hal, seperti tidak merokok, menghindari paparan sinar matahari, mencegah diabetes, dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, beberapa studi menemukan bahwa zat lutein dan zeaxanthin antioksidan yang terdapat pada buah alpukat berperan dalam melawan pembentukan katarak. Buah alpukat adalah buah yang sangat kaya akan serat, nutrisi, mengandung kolesterol baik, vitamin A, C, D, E, K, B, dan kalium.

Berdasarkan dari berbagai studi baru yang dilakukan, alpukat juga didapati mengandung lutein dan zeaxanthin nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, termasuk mencegah katarak.

Lutein adalah jenis karotenoid (antioksidan) yang dapat mencegah kebutaan akibat katarak dan kerusakan retina mata. Alpukat mengandung kadar lutein yang cukup tinggi yakni 80 gram sementara rata-rata suplemen lutein hanya 10 mg.

Sama seperti lutein, zeaxanthin termasuk antioksidan golongan karotenoid yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak mata.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, Amerika, mereka yang rutin mengonsumsi lutein dan zeaxanthin memiliki risiko katarak 18% lebih rendah. Kemampuan lutein dan zeaxanthin dalam melawan katarak juga disetujui oleh studi lainnya, seperti Nurses’ Health Study, the US Male Health Professional Study, dan Beaver Dam Eye Study.

Melihat berbagai penelitian yang telah dilakukan, sudah tidak diragukan lagi khasiat alpukat dapat mencegah katarak. Konsumsi alpukat secara rutin agar terhindar dari kebutaan.

[DA/ RVS]

Matamanfaat alpukatKatarak

Konsultasi Dokter Terkait