Sukses

Cegah Penuaan Otak dengan Diet Mediterania

Orang yang hidup di daerah Mediterania memiliki kesehatan otak yang baik dan angka kejadian sakit jantung yang lebih rendah.

Klikdokter.com, Jakarta Gaya hidup sedenter, yang minim olahraga dan pola makan tidak sehat, turut berperan dalam menambah peningkatan angka sakit jantung dan penuaan dini. Padahal angka kejadian tersebut dapat ditekan dan dicegah dengan mencontoh kehidupan orang Mediterania.

Orang Mediterania menerapkan pola makan berbeda yang dapat membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif pada pasien demensia dan Alzheimer. Anda ingin tahu bagaimana pola makan orang Mediterania? Berikut ini rahasia mereka.

  1. Kaya akan sayur dan buah

    Salah satu kunci dari pola makan Mediterania adalah pola makan yang kaya akan sayur dan buah. Anda bisa meniru dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah dengan variasi yang berbeda.

  2. Gunakan olive oil

    Olive oil atau minyak zaitun adalah salah satu komponen utama dalam pola makan Mediterania. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda disarankan memilih minyak zaitun dengan kualitas extra virgin atau extra virgin olive oil.

    Anda dapat memadukan minyak zaitun dengan berbagai makanan, misalkan tambahkan minyak zaitun pada salad buah dan sayur Anda. Ganti penggunaan margarin dengan minyak zaitun.

  3. Kurangi daging merah, perbanyak ikan

    Batasi asupan daging merah Anda. Jika Anda makan daging merah, pilihlah bagian rendah lemak. Ganti porsi daging merah dengan ikan. Salmon merupakan jenis ikan yang baik bagi kesehatan. Salmon juga banyak mengandung omega-3 yang berperan melindungi pembuluh darah jantung.

Dengan menerapkan pola diet Mediterania, Anda bisa mencegah penuaan dini pada otak. Nah, selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga perlu berolahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal dari diet Mediterania.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar