Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kiat Raih Kepuasan Seksual di Masa Nifas

Anda ingin meraih kepuasan seksual setelah kelahiran sang buah hati? Temukan caranya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kelahiran seorang anak tak hanya mendatangkan kebahagiaan tetapi juga tantangan tersendiri bagi tiap pasangan orang tua. Salah satunya dalam hal kepuasan seksual. Bila Anda dan pasangan mengalaminya juga, percayalah Anda tidak sendiri.

Sebagian besar pasangan mengalami kesulitan untuk memulai hubungan suami-istri dan mencapai kepuasan seksual setelah persalinan. Hal ini terutama dialami oleh para wanita.

Memasuki masa nifas, banyak perubahan terjadi dalam diri seorang wanita, baik fisik maupun mental. Rasa nyeri setelah persalinan, kelelahan dalam mengasuh bayi baru lahir, rasa lemas akibat kehilangan banyak darah saat persalinan, dan kondisi psikologis seperti baby blues akan menurunkan hasrat untuk berhubungan seksual.

Ditambah lagi bila wanita tersebut menyusui. Hormon prolaktin yang dikeluarkan untuk produksi ASI akan menurunkan libido, akibatnya hubungan seksual pun tidak lagi menjadi prioritas. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin keharmonisan rumah tangga akan ikut terganggu.

Lantas, bagaimana caranya agar tetap dapat menikmati hubungan seksual dengan aman selama masa nifas? Berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan.

  • Ketahui waktu yang tepat

    Sebelum memulai hubungan seksual kembali, pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar siap. Waktu yang relatif aman untuk berhubungan seksual adalah empat minggu setelah persalinan.

    Namun, waktu ini bervariasi bergantung pada kondisi tiap wanita dan metode persalinannya. Bila perlu, berkonsultasilah dengan bidan atau dokter kebidanan Anda mengenai ini.

  • Mulai dengan hal sederhana

    Membangun keintiman setelah persalinan bukanlah hal yang mudah. Bagi para suami, mulailah dengan ciuman di kening istri atau pelukan hangat pada pagi hari. Hal-hal tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi secara perlahan dapat membantu meningkatkan hasrat berhubungan seksual.

  • Lakukan senam Kegels

    Senam Kegels dapat membantu mengencangkan otot dasar panggul dan otot vagina, sehingga vagina dapat mencengkeram penis dengan kuat saat bersanggama.

  • Lakukan foreplay yang cukup

    Nyeri saat berhubungan seksual sering menjadi ketakutan terbesar bagi wanita. Untuk meminimalkan rasa nyeri tersebut, lakukan foreplay agar vagina bisa memproduksi cairan yang cukup. Foreplay juga dapat semakin meningkatkan gairah saat berhubungan.

  • Jujur dengan pasangan

    Hal ini sangat penting terutama untuk para wanita. Bila merasa nyeri atau tidak nyaman, ungkapkan dengan jujur pada pasangan Anda. Ini tentunya dapat melegakan dan mengurangi beban Anda.

  • Pertimbangkan kontrasepsi

    Ketika memutuskan memulai hubungan seksual setelah persalinan, pertimbangkan menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tak direncanakan. Anda dapat memilih kontrasepsi mekanik seperti kondom atau AKDR (IUD/spiral) pada wanita yang menyusui.

Nah, dengan menjalankan beberapa kiat di atas kepuasan seksual di masa nifas pun tetap dapat Anda capai. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar