Sukses

Kiat Atasi Postur Tubuh yang Buruk

Sering sakit pinggang, atau merasa postur tubuh agak aneh? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda duduk atau berdiri selama ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak orang yang memiliki postur tubuh yang buruk, baik saat duduk, berdiri, atau berjalan. Selain dapat menyebabkan sakit pinggang, postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan perubahan bentuk tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga dan mempertahankan postur tubuh yang baik. Memang tidak mudah, apalagi jika Anda sudah terbiasa dengan postur tubuh yang buruk selama bertahun-tahun.

Sebelum membetulkan postur tubuh, ada baiknya Anda kenali dahulu contoh-contoh postur tubuh yang kurang baik berikut ini:

  1. Terlalu Bersandar

    Meski membuat Anda nyaman, terlalu bersandar membuat otot tubuh bagian belakang Anda tegang dan nyeri.
  2. Berdiri Bungkuk

    Selain menciptakan kesan badan yang kurang tegap, postur tubuh yang bungkuk juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Anda dapat mengalami sakit punggung, sakit pinggang, dan sukar untuk dapat berdiri dalam waktu yang lama.

  3. Duduk Bungkuk

    Di tengah kemajuan teknologi, Anda tentu semakin sulit berpisah dengan handphone tercinta. Namun hati-hati, terlalu lama memainkan HP dapat membuat postur tubuh menjadi bungkuk dan leher terlalu menekuk. Postur tubuh ini dapat menyebabkan bahu menjadi kaku dan nyeri.
  4. Bertumpu pada Satu Kaki

    Jika sudah terlalu lama berdiri, umumnya posisi ini dapat membuat Anda lebih nyaman. Namun, posisi ini juga dapat memberatkan salah satu dari otot pinggang, pinggul, dan bokong.

  5. Leher Miring

    Multitasking itu penting. Namun sebaiknya Anda tidak menjepit telepon dengan sebelah leher. Apabila terlalu sering dan lama melakukan posisi ini, leher dan bahu Anda akan terasa tegang dan nyeri.

  6. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

    Sepatu hak tinggi dapat membuat wanita merasa lebih seksi dan percaya diri. Namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Ini karena terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi dapat membuat telapak kaki, tumit, dan pinggang nyeri.
1 dari 2 halaman

Bagaimana Postur Tubuh yang Baik?

Duduklah dengan tegak, kaki menyentuh lantai. Jika kaki Anda tidak dapat menyentuh lantai, gunakan kursi kecil untuk menyangganya. Hindari menyilangkan kaki. Usahakan agar kedua bahu Anda selalu dalam keadaan relaks.

Ketika berdiri, usahakan untuk membagi berat badan Anda secara merata kepada dua kaki. Bukalah tungkai Anda selebar bahu. Tegakkan bahu Anda, tarik perut ke dalam.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat berolahraga untuk menjaga postur tubuh tetap baik. Beberapa olahraga yang bisa Anda coba, misalnya sit up, push up, dan plank.

Memiliki postur tubuh yang baik dan benar memang tergolong susah. Namun dengan usaha, konsistensi dan komitmen yang kuat, niscaya Anda akan terbiasa dan merasakan sendiri manfaatnya.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar