Sukses

5 Organ Tubuh Manusia yang Bisa Didonorkan

Tidak hanya darah, ternyata ada pula sejumlah organ tubuh lainnya yang juga bisa didonorkan kepada orang lain!

Klikdokter.com, Jakarta Merelakan salah satu organ tubuh untuk orang lain merupakan tindakan paling berani, yang dilakukan seorang manusia. Hal ini kerap dilakukan karena banyak faktor, seperti kepentingan kemanusiaan atau karena kebutuhan ekonomi.

Berikut beberapa organ tubuh manusia yang bisa didonorkan kepada orang lain:

  1. Ginjal

    Organ tubuh yang menjaga keseimbangan air, mengatur konsentrasi asam basa dan menyaring darah ini adalah organ yang paling sering ditransplantasikan.

    Transplantasi ginjal biasanya direkomendasikan untuk mereka yang didiagnosis gagal ginjal. Setiap manusia dapat menyumbangkan satu dari dua ginjalnya. Ginjal yang tersisa masih dapat menjalankan fungsinya.

  2. Jantung

    Organ berotot yang bertugas memompa darah ini dapat digunakan untuk membantu mereka yang gagal jantung. Donor jantung juga dapat dilakukan bagi seseorang yang telah meninggal.

    Penerima donor biasanya pasien yang menderita gagal jantung atau orang yang lahir dengan jantung yang cacat. Begitu orang yang akan mendonorkan jantung dinyatakan meninggal, transplantasi harus segera dilakukan.

  3. Kornea

    Hampir semua orang bisa menyumbangkan kornea mata, jika tidak terancam penyakit menular. Donor ini bertujuan mengembalikan penglihatan mata kepada mereka yang menderita kebutaan kornea.

    Orang yang telah meninggal dapat menyumbangkan korneanya. Akan tetapi proses transplantasi harus dilakukan dalam waktu 24 jam.

  4. Hati

    Organ yang mengeluarkan cairan empedu dan aktif dalam pembentukan protein ini dapat didonorkan kepada seseorang yang menderita kanker hati. Seperti halnya ginjal, seorang pendonor dapat menyumbangkan salah satu hatinya. Hal ini memungkinkan karena sel-sel hati bisa tumbuh kembali atau beregenerasi sampai hati hampir berukuran seperti aslinya.

  5. Kulit

    Transplantasi kulit bisa digunakan untuk mengobati luka bakar parah, atau kehilangan kulit akibat infeksi. Donor kulit biasanya dilakukan oleh orang yang sudah meninggal, tanpa memandang usia atau warna kulit yang dimiliki. Sayangnya, mereka yang menderita penyakit menular atau AIDS tidak bisa melakukan donor ini.

Kulit donor harus disumbangkan dalam waktu 6 jam setelah kematian, dan hanya seperenam bagian atas dari kulit yang bisa digunakan.
Itulah 5 organ tubuh manusia yang bisa didonorkan kepada orang lain. Salam sehat!

Jika Anda masih tertarik untuk membaca artikel bertema serupa, klik di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar