Sukses

Cara Atasi Gigi Sensitif pada Pengguna Behel

Pemakaian behel sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang yang merasa tidak nyaman dan sakit saat memakai behel. Biasanya ini dialami saat awal pemasangan dan dapat bertahan hingga tiga hari.

Rasa sakit juga dapat dirasakan setelah pemeriksaan rutin ke dokter – yang dilakukan setiap 2–3 minggu sekali. Namun, umumnya akan menghilang dalam 1–2 hari. Pada masa ini, Anda diperbolehkan minum obat pereda nyeri sesuai dosis yang dianjurkan.

Untuk mencegah rasa sakit semakin menjadi, hindari juga mengonsumsi makanan yang keras. Misalnya, goreng-gorengan dengan tepung yang tebal atau popcorn. Bahkan, terkena sentuhan sendok saja bisa ngilu sehingga harus hati-hati.

Untuk pemeriksaan rutin, dokter gigi akan melakukan pembersihan plak di sekitar behel sekaligus penggantian karet dan kawat. Hal ini wajib dilakukan karena membersihkan gigi dengan sikat gigi saja tak akan maksimal dengan adanya behel.

Jika plak menumpuk karena pembersihan yang tidak maksimal atau bahkan jarang membersihkannya, email gigi dapat rusak dan menipis. Akibatnya gigi pun menjadi sensitif.

Bagi pengguna behel, cara menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Menyikat gigi terlalu keras, misalnya, dapat memicu kerusakan pada email gigi. Di samping itu, juga dapat menyebabkan penurunan gusi yang dapat membuat gigi sensitif.

Nah, sekarang coba perhatikan. Apakah Anda jarang memeriksa gigi ke dokter atau sering menyikat gigi terlalu keras? Lalu, apakah Anda merasa gigi jadi rentan ngilu karenanya?

Jika ya, mungkin saja Anda sudah mengalami gigi sensitif. Untuk itu, Anda perlu menyetop kebiasaan buruk tersebut.

Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi setiap 2–3 minggu sekali untuk memeriksakan gigi. Selain itu, ubah teknik menyikat gigi dengan metode Bass dan pilih sikat gigi yang berbulu lembut.

Cara lain yang diharapkan dapat menghilangkan sensitivitas gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Kini, terdapat berbagai merek pasta gigi khusus gigi sensitif di pasaran. Kami sarankan agar Anda mencoba beberapa jenis pasta gigi, untuk menemukan yang paling cocok dalam mengatasi keluhan Anda.

Yuk, jangan malas merawat gigi apalagi jika Anda memakai behel. Gigi sehat, kesehatan bagian tubuh lain pun terjaga!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar