Sukses

Cegah Eksim pada Bayi dengan Petroleum Jelly

Eksim mengancam bayi sejak kelahirannya. Benarkah petroleum jelly dapat mencegahnya?

Klikdokter.com, Jakarta Bayi terlahir dengan kulit yang sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah eksim. Lalu, apakah petroleum jelly dapat mencegah kondisi tersebut?

Petroleum jelly merupakan campuran beberapa minyak mineral dan lilin sehingga membentuk substansi semi padat seperti jelly.

Dengan teksturnya tersebut, ia dapat membangun lapisan pelindung di atas kulit agar tidak kehilangan kelembapannya. Hal ini dapat membantu mencegah eksim.

Sebenarnya, penggunaan petroleum jelly sebagai pelembap telah diketahui sejak lama.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menyebutkan, penggunaan petroleum jelly pada bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya akan menurunkan risiko terkena eksim pada kemudian hari.

Tak hanya itu, petroleum jelly juga dapat mencegah ruam popok. Selain dengan petroleum jelly, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah eksim pada bayi, seperti:

  • Kenali dan hindari faktor yang memicu dan memperburuk kondisi eksim. Contohnya: bahan iritan (parfum, detergen, sabun mandi), keringat, dan alergen lain seperti kacang, telur, susu, dan sebagainya.

  • Mandikan bayi dengan air hangat tidak lebih dari 10 menit. Mandi dengan air dingin dalam durasi yang lama akan menyebabkan kulit bayi kering dan rentan mengalami eksim.

  • Gunakan sabun mandi bayi yang terbukti tidak menyebabkan alergi (hipoallergenic).

  • Pilih pakaian yang longgar dan berbahan katun.

Di samping melakukan pencegahan, satu hal yang juga perlu Anda ingat adalah mengenali tanda infeksi pada ruam eksim.

Bila pada kulit bayi tampak kerak kecokelatan, lenting, lepuh, atau cairan seperti nanah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena kemungkinan bayi Anda mengalami infeksi kulit.

Memilih perawatan kulit pada bayi memang perlu ekstra hati-hati, terutama pada kondisi eksim. Anda dapat gunakan petroleum jelly yang telah terbukti aman untuk bayi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar