Sukses

Awas, Jangan Tidur Saat Rambut Masih Basah!

Tahukah Anda bahwa tidur saat rambut masih basah dapat menggangu kesehatan Anda?

Klikdokter.com, Jakarta Kebiasaan yang dilakukan sehari-hari tanpa disadari kerap mendatangkan efek negatif bagi kesehatan Anda. Salah satunya tidur saat kondisi rambut masih basah.

Dikutip dari liputan6 berikut ini efek negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan tidur saat kondisi rambut masih basah:

  1. Infeksi Kulit Kepala

    Tidak mengeringkan rambut sebelum tidur dapat meningkatkan risiko infeksi kulit kepala. Hal itu terjadi karena kepala yang basah menjad lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk bereproduksi.

    Terlebih dengan kehangatan tempat tidur, menciptakan iklim yang semakin sempurna untuk jamur dan bakteri penyebab infeksi berkembang biak. Akibatnya, iritasi dan bahkan infeksi jamur bisa muncul di kulit kepala dan sekitarnya.

  2. Sakit Kepala

    Tidur dengan rambut yang basah juga dapat menyebabkan sakit kepala. Melansir dailyhealthpost, bakteri yang tumbuh di kepala dan menyebabkan infeksi secara alami akan meningkatkan darah ke kulit.

    Hal demikian terjadi sebagai reaksi dari infeksi, akibatnya aliran darah yang meningkat bisa menyebabkan sakit kepala. Tak hanya itu, kelembapan yang disebabkan oleh rambut yang basah memicu perubahan suhu tubuh yang mendadak dan menyebabkan sakit kepala.

    Jika Anda mencoba menyiasatinya dengan membungkus rambut yang basah dengan handuk, cara itu justru memperburuk keadaan. Sebab kelembapan rambut akan bertahan lebih lama dan mengganggu sirkulasi darah di kulit kepala. Hasilnya terjadi ketegangan yang meningkat dan dapat menyebabkan rasa sakit dan mengganggu tidur.

    Suhu tubuh yang tidak stabil selama tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu pilek. Kelembapan yang terjadi selama beberapa jam dapat menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh Anda melemah, sehingga beberapa virus dan bakteri lebih mudah menyerang.

  3. Rambut Rusak

    Tidur dengan rambut basah bisa mengundang sederet masalah bagi rambut Anda. Rambut menjadi lebih rapuh saat basah, sehingga gerakan maupun gesekan antara rambut yang basah dan kasur dapat meningkatkan risiko rambut rusak dan mudah patah.

    Selain itu, tidur dengan rambut yang basah juga dapat menyebabkan rambut Anda lebih berminyak. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami oleh kelenjar sebaceous, yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH tidak seimbang di kulit kepala.

    Alhasil, Anda akan terbangun dengan rambut yang kusut.

Rambut yang dibiarkan mengering di tengah tidur dapat menjadi penyebab kulit kepala berketombe. Karena rambut yang basah dapat meningkatkan rasa gatal pada kepala dan menjadikannya tidak sehat.

Nah, itulah dampak yang timbul dari kebiasaan tidur saat rambut masih basah. Mulai sekarang hindari kebiasaan sepele yang berisiko bagi kesehatan Anda, ya.

Baca artikel serupa di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar