Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi15 Manfaat Ajaib Kacang Merah untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Ajaib Kacang Merah untuk Kesehatan

Aprinda, 20 Jul 2023

Ditinjau Oleh dr. Gia Pratama

Icon ShareBagikan
Icon Like

Walaupun kecil, kacang merah kaya akan gizi. Dari beragam nutrisinya, kacang merah dapat memberikan banyak manfaat, lho!

15 Manfaat Ajaib Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah bisa ditemukan pada menu makanan, seperti sayur asam, sup, atau es krim. Rasanya seperti kacang pada umumnya, namun dengan tekstur lebih lembut.

Kacang yang memiliki nama latin Phaseolus vulgaris, mengandung banyak zat gizi, seperti protein, serat, kalium, zat besi, tembaga, vitamin C, beragam vitamin B, dan kalsium serta fosfor.

Dari kandungan gizinya, berikut berbagai manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh:

1. Mendukung Pertumbuhan dan Perbaikan Tubuh

Setiap harinya, sel-sel tubuh akan rusak dan diperbarui. Tujuannya, agar jaringan maupun organ dapat bekerja dengan normal. Nah, proses pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh ini membutuhkan bantuan dari makanan kaya protein, seperti kacang merah.  

Manfaat kacang merah ini sesuai dengan penjelasan dari dr. Gia. “Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Kacang merah salah satunya mengandung protein nabati yang tinggi, menjadikannya sumber protein yang baik bagi vegetarian dan vegan”, paparnya lebih jelas.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

“Kacang merah mengandung serat diet yang penting untuk pencernaan yang sehat”, ungkap dr. Gia. 

Serat dalam kacang merah dapat “menyapu” saluran pencernaan secara efektif. Kacang merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang memberi makan bakteri baik yang tinggal di usus besar sehingga membantu menjaga kesehatan usus.

3. Mencegah Sembelit

Susah BAB jadi keluhan banyak orang. Penyebab umumnya adalah kurang asupan serat. Sudah disinggung sebelumnya jika kacang mengandung serat. 

Serat inilah yang menjaga tekstur feses tetap lunak dengan bantuan air. Jadi, jika kamu mengonsumsi kacang merah atau makanan tinggi serat lainnya dan cukup minum air, sembelit dapat dicegah.

4. Bantu Mengendalikan Berat Badan

Jika kamu sedang diet sehat, makanan kaya protein dan tinggi serat menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, protein dan serat membuat perut kenyang lebih lama. 

Dengan begitu, kamu tidak akan ngemil makanan tinggi gula atau makanan berlemak. Kacang merah adalah satu dari banyak makanan yang kaya serat dan protein. 

Manfaat kacang merah ini sejalan dengan penuturan dr. Gia, “Serat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.”

5. Memberikan Energi

Tubuh kamu membutuhkan energi untuk terus aktif. Oleh karenanya, kamu butuh makanan sehat yang memberikan energi.

“Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahap dan stabil”, jelas dr. Gia. Selain serat, kandungan gizi protein dan serat pada kacang merah juga turut menyediakan energi bagi tubuh. 

Artikel Lainnya: Makanan Penambah Stamina agar Tetap Bugar Saat Lembur

6. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Selain memberi energi, kacang merah juga memberikan manfaat dalam menstabilkan gula darah. 

Menurut penjelasan dr. Gia, “Karbohidrat kompleks pada kacang merah membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah fluktuasi gula darah yang drastis, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah makan.”

Khasiat kacang merah ini mampu menurunkan risiko diabetes di kemudian hari. Sekaligus baik untuk dikonsumsi oleh diabetesi.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kacang merah merupakan protein nabati berkualitas rendah lemak dan bebas kolesterol. Hasilnya, kacang merah dapat menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara.

Memilih kacang merah ketimbang daging dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh. Artinya, kamu telah menghalangi pemicu kolesterol tinggi masuk ke dalam tubuh.  

Manfaat kacang merah dalam menjaga kesehatan jantung semakin potensial dengan adanya kalium. Mineral ini dapat menjaga keseimbangan natrium yang dampaknya bisa menurunkan tekanan darah.

8. Melawan Radikal Bebas

Kacang merah merupakan makanan yang kaya antioksidan, contohnya isoflavon, asam fenolat, dan anthocyanin. Pada tubuh antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan stres oksidatif yang ujungnya menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Adanya antioksidan dari kacang merah memberi manfaat perlindungan pada sel-sel tubuh terhadap radikal bebas. 

9. Menurunkan Risiko Kanker

Kacang merah memiliki kapasitas penyerapan radikal oksigen yang cukup tinggi. Artinya, antioksidan yang dikandungnya relatif efektif menangkal kerusakan akibat radikal bebas—yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker.

Studi pada Public Library of Science menunjukkan konsumsi kacang-kacangan termasuk kacang merah dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Potensi ini dikaitkan dengan serat seperti pati resisten dan alfa-galaktosida.

Serat ini tidak tercerna ke usus besar, yang kemudian difermentasikan oleh oleh bakteri baik dan menghasilkan pembentukan SCFA. Senyawa inilah yang melindungi sel-sel usus.

9. Mencegah Anemia

“Kacang merah mengandung zat besi, mineral yang penting untuk membentuk sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh”, jelas dr. Gia.

Kacang merah mengandung zat besi yang diperlukan tubuh. Konsumsi kacang merah dan makanan tinggi zat besi lainnya bisa mencegah terjadinya anemia.

10. Mendukung Kehamilan yang Sehat

“Kacang merah mengandung berbagai vitamin B-complex, termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan folat. Vitamin B kompleks berperan penting dalam produksi sel darah merah”, papar dr. Gia.

Sementara folat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Oleh karenanya, konsumsi kacang merah memberi banyak manfaat untuk ibu hamil.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

11. Mengoptimalkan Kinerja Otot

Otot yang kamu gunakan setiap harinya bisa mengalami kerusakan, contohnya setelah berolahraga. Kacang merah bisa jadi camilan sehat setelah olahraga.

Kandungan protein, mangan, magnesium, dan mineral penting lainnya dapat memperbaiki otot yang rusak. Di samping itu, zat gizi tersebut juga membantu otot bekerja optimal. 

12. Menguatkan Tulang

Seiring menuanya usia, tulang akan kehilangan kepadatannya. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis

Untungnya, kamu bisa menguatkan tulang dengan konsumsi kacang merah. Manfaat ini didapat dari kandungan mangan, kalsium, dan magnesium yang mendukung pembentukan sel-sel tulang dan mempertahankan kepadatannya.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan vitamin C tidak cuma berasal dari mangga, jeruk, atau jambu biji. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari kacang merah.

Vitamin C bertindak seperti antioksidan, yang bisa meningkatkan sistem imun. Jadi, vitamin C mendorong produksi antibodi oleh sel darah putih. Antibodi merupakan senjata tubuh untuk melawan infeksi.

14. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis adalah istilah yang mengarah pada penyakit yang berlangsung selama 6 bulan atau bertahun-tahun. Contoh penyakit kronis, di antara penyakit kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Siapa pun bisa terkena penyakit ini, termasuk kamu. Untungnya, penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Konsumsi makanan kaya antioksidan dan serat, seperti kacang merah bisa menurunkan risiko penyakit kronis.

15. Memelihara Kesehatan Kulit

Selain penyakit kronis, antioksidan dari kacang merah juga baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, kulit kamu rentan terpapar radikal bebas dari sinar matahari. 

Kulit yang terus-menerus terpapar sinar matahari bisa menua lebih cepat. Nah, kacang merah dengan antioksidannya memberi perlindungan pada kulit.

Manfaat kacang merah untuk kulit jadi lebih òptimal dengan adanya zat besi, yang juga menyehatkan kulit.

Artikel Lainnya: 5 Makanan untuk Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi kacang merah secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang luas yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu. Jika sekarang sudah tahu manfaatnya, coba tambahkan kacang merah dalam menu makanmu, ya!

Kamu bisa mendapatkan lebih banyak artikel seperti untuk bantu #JagaSehatmu di aplikasi KlikDokter. Tak cuma itu, kamu juga bisa konsultasi secara daring dengan dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, lho!

(NM)

kacang merah

Konsultasi Dokter Terkait