Sukses

Tanda-Tanda Pasangan Anda Seorang Psikopat

Pasangan sering berbohong tanpa merasa bersalah? Bisa jadi dia termasuk orang psikopat!

Klikdokter.com, Jakarta Dalam menjalin sebuah hubungan, biasanya Anda akan memilih orang yang dirasa cocok dan dapat melengkapi. Mulanya hubungan Anda dan pasangan berjalan normal dan tanpa menyenangkan. Namun, jika tiba-tiba pasangan Anda berubah menjadi sosok yang tak lagi dikenali, waspadalah! Bisa jadi itu tanda bahwa pasangan Anda adalah psikopat.

Dikutip dari liputan6.com, ada tanda-tanda yang bisa diperhatikan untuk mengetahui apakah pasangan Anda merupakan seorang psikopat. Menurut Stephen Snyder, M.D., professor klinis psikiatri di Icahn School of Medicine, New York, orang psikopat biasanya tidak pernah merasa bersalah, sekalipun ia benar-benar melakukan kesalahan.

Sementara Matt Stanford, Ph.D., chief executive officer di Hope and Healing Center & Institute, Texas, menyebut orang psikopat biasanya tidak mudah untuk dikenali di awal. Namun, saat “identitasnya” terbongkar, dia akan berubah menjadi orang yang benar-benar kejam.

"Psikopat biasanya akan berlaku lebih kejam dari yang Anda bayangkan. Mereka bisa menggunakan pesona atau tipu daya untuk mengelabui target yang diinginkan," ujarnya.

Ciri-ciri pasangan Anda seorang psikopat adalah sebagai berikut:

  1. Sering berbohong

    Seorang psikopat cenderung sering melakukan kebohongan-kebohongan dan tidak dapat menahan diri. Anda bisa mengetahui kebohongan pasangan dari perilaku dan cara dia berbicara. Seseorang yang berbohong biasanya akan mengeluarkan kata-kata yang tidak konsisten dan sikap yang sering berubah-ubah.

    Sejumlah penelitian menemukan prevalensi psikopat lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Penelitian ini terbit dalam International Journal of Women's Health.

    Pada tingkatan yang lebih lanjut, seorang psikopat juga akan mulai menyusun sejumlah kebohongan untuk membuat Anda terlihat bersalah. Dia bisa saja memutarbalikkan fakta atau cerita untuk mendapatkan pembenaran atas dirinya. Dia akan melakukannya dengan sangat konsisten sampai pada titik dimana Anda mulai mempertanyakan kewarasan Anda sendiri.

  2. Selalu menyalahkan

    Pasangan yang psikopat biasanya sering menyalahkan Anda atas apapun. Dengan demikian, dia merasa memiliki kontrol dan kekuasaan atas hubungan yang sedang kalian jalin. Setelah berkuasa, dia pun tak akan segan-segan melakukan segala perlakuan sesuai keinginannya pada Anda.

    Dia sebenarnya tahu bahwa dialah si biang kerok dari segala kekeruhan yang terjadi dalam hubungan. Namun, harga dirinya tak akan membiarkannya mengakui hal itu. Dia akan selalu menyalahkan Anda atas semua yang tidak berjalan sesuai keinginannya.

    Seorang psikopat akan selalu meremehkan Anda, meskipun kalian adalah sepasang kekasih. Dia akan terus menanamkan rasa bersalah pada diri Anda dan membuat Anda tunduk. Tujuan akhirnya adalah untuk memiliki Anda sepenuhnya setelah mendapat perlakuan-perlakuan buruk dari dia.

  3. Antisosial

    Dalam buku psikiatri modern “The Sociopath Next Door” karya psikolog Martha Stout, Ph.D, disebutkan sebagian besar psikopat memiliki gangguan kepribadian antisosial. Mereka cenderung tidak memiliki kepedulian yang konsisten dan senang melanggar hak orang lain.

Selain itu, dia pun akan menyeret Anda untuk menjadi seorang yang antisosial. Dia ingin agar Anda menjadi seseorang yang lemah dan tidak memiliki siapa pun untuk bergantung selain dirinya.

Jika Anda menemui tanda-tanda demikian pada diri pasangan Anda yang tiba-tiba berubah, sebaiknya Anda memikirkan ulang tentang melanjutkan hubungan. Pergi sejauh mungkin dari seorang psikopat sebelum terlambat!
Baca artikel serupa di sini

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar